5 Alasan Kopi Layak Disajikan dan Dikonsumsi Setiap Hari

wartakopi.com – Jakarta. Mengapa kopi layak menjadi minuman yang berpengaruh bagi kehidupan setiap manusia dibanding dengan jenis minuman lainnya? Jawabannya adalah dari mulai proses penanaman bibit hingga penyajian diatas cangkir memiliki dampak baik bagi manusia. 

Saat tanaman kopi mulai tumbuh berkembang, ia sudah memberikan manfaat bagi manusia. Tentu, bijinnya nantinnya dapat diolah sebagai minuman yang legit namun siapa sangka daunnya pun memiliki fungsi serupa dengan cara dikeringkan dan diseduh layaknya daun teh.

Kemudian saat pohon kopi sudah tak dapat berbuah kembali batang tubuhnya mampu dijadikan sebagai bahan baku mebel atau bahan bakar kayu. 

Dapat dilihat bahkan sebelum kopi disajikan pohonnya mampu memberikan manfaat yang baik.

Untuk itu berikut bebberapa alasan lainnya mengapa kopi layak untuk dikonsumsi setiap harinnya dilihat dari berbagai aspek.

Komoditas Baik Untuk Sektor Ekonomi
Indonesia termasuk salah satu negara produsen kopi terbaik dunia.

Seperti yang kita ketahui, kopi merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh pada negara yang beriklim tropis. 

Berkualitas baik jika berada pada ketinggian 1500 – 2000 mdpl serta ditanam pada tanah subur yang pernah terkena dampak letusan gunung berapi. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling potensial sebagai tempat penghasil kopi terbesar di dunia. Karena itu peran masyarakat dalam mengkonsumsi dapat dikatakan berkaitan dalam hal ini. 

Jika minimal satu orang mengkonsumsi secangkir kopi setiap hari tentu hal ini akan mempengaruhi permintaan, saat permintaan meningkat maka semakin banyak biji kopi yang ditanam dan diproduksi. 

Keuntungan berantai pun dapat terjadi hanya dengan kebiasaan minum kopi setiap hari. 

Kopi Baik Untuk Kesehatan

Alasan baik dikonsumsi setiap hari tentu karena kopi baik untuk kesehatan. Salah satunnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh, serta mengkonsumsi kopi secara teratur mampu mengurangi rasa stress serta depresi. 

Jika dikonsumsi secara tepat beberapa manfaat lain seperti mencegah penyakit parkinson, diabetes tipe 2, dan juga menjaga kesehatan jantung. 

Sebagai Bahan Kecantikan

Beberapa tahun ini muncul tren mengkonsumsi kopi dengan cara mengolah secara mandiri. Beberapa toko online menyediakan alat pengolah kopi yang dapat digunakan dengan mudah di rumah. 

Seperti grinder manual, v60 atau grinder mesin. Sisa ampasnya banyak digunakan sebagai masker atau dicampur dalam sabun sebagai scrub. 

Dalam ampas kopi kandungan oksidannya baik untuk kesehatan kulit dan butiran kasarnya mampu mengangkat kotoran yang menempel dilapisan kulit. 

Meski tidak dikonsumsi secara langsung mengunakan ampas kopi dapat membantu mengurangi sampah organik dan membuatnya kopi dan berguna meski tanpa dikonsumsi.

Sebagai Bahan Pewangi 

Kopi dikenal memiliki aroma yang kuat dan menenangkan. Dipercaya dengan menghirup aromannya dapat mengurangi rasa stress dan resiko depresi. 

Karena itu kini bukan hanya diminum, biji kopi sering dimanfaatkan sebagai pengharum ruangan. 

Cukup masukan beberapa butir kopi pada toples kaca, tutup dan berikan sedikit lobang udara kemudian tetapkan di sudut ruangan yang anda kehendaki. 

Selain itu ekstrak kopi juga dapat digunakan sebagai pewangi tubuh atau pewangi ruangan.

Sebagai Pupuk

Tidak banyak yang tahu bahwa bubuk kopi sisa pengilingan dapat dimanfaatkan pula sebagai pupuk tanaman. Kopi ternyata mengandung nitrogen yang meningkatkan jumlah air dan oksigendalam tanah. 

Cukup letakan beberapa sendok kopi bubuk dalam tanaman, sirami secara teratur. Hal ini dapat dilakukan berulang minimal satu bulan sekali.

Sunguh menarik, ternyata kopi mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia. Selain baik bagi kesehatan mengkosumsi kopi setiap hari juga mampu membantu perekonomian makro. 

Dengan berkembangnya bisnis kopi di Indonesia dan kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi kopi pemerintah antusias bahwa Indonesia mampu merajai perdagangan kopi di kawasan Asia Tenggara. 

Karena itu marilah kita ikut serta dalam meningkatkan produksi kopi dengan cara sederhana yaitu mengkonsumsi kopi setiap hari. 

Juga terus pendukung perkembangan kreatifitas mengunakan kopi serta memperkenalkan kopi baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *