Suntikan Raksasa Kopi Itu Bernama Aeropress

wartakopi.com – Jakarta. Sebelum jatuh cinta dengan Aeropress, Alan orang yang berjasa menciptakan Aeropress pecinta alat seduh Chemex.

Metode seduh chemexmenurut Alan, waktu brewing yang lama. Harus sabar menunggu tetes demi tetes sampai chemex penuh. 

Baca Juga : 4 Material Dripper Ini Berpengaruh Pada Hasil Seduhan, Ini Alasannya

https://www.freepik.com/free-photo/brewing-coffee-aeropress_2759964.htm
Aeropress diklaim menghasilkan kopi sekuat espresso, acidity lebih menonjol, dan waktu seduh lebih singkat./Photo by_Freepik

Jika ingin tetesan kopi meluncur deras, Alan harus menekan gundukan kopi di filter chemex menggunakan sendok. Itu pun efeknya tidak seberapa.

Saat itulah Alan, bereksperimen dengan tabung pompa sepeda sebagai alat penambah tekanan. Alan membutuhkan waktu setahun menyempurnakan alat seduh yang kelak dinamakannya sebagai Aeropress.

Aeropress Mempersingkat Waktu Seduh

https://aero.press
Berselang 3 tahun Aeropres dipasarkan secara global sudah ada kompetisinya tingkat internasional./Photo by_Aeropress

Alat seduh seperti suntikan raksasa ini oleh Alan diklaim mampu menghasilkan kopi sekuat espresso dengan acidity lebih menonjol dari pour over dan waktu seduh lebih singkat.

Seperti dilansir laman Kopi Dewa, Saat tahun 2008, Aeropress telah menjadi bisnis senilai US$2 juta dengan diiringi peningkatan penjualan sebesar 40 persen setiap tahunnya.

Berselang tiga tahun Aeropress dipasarkan secara global sudah diadakan ajang World Aeropress Championship dengan peserta dari seluruh dunia. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *