Aksi Mendadak Para Artis Yang Membuat Dalgona Coffee, Mana Favoritmu?

wartakopi.com – Jakarta. Dalgona Coffee merupakan salah satu menu minuman yang kini sedang banyak digandrungi oleh kaum milenial. Mulai  dari anak-anak sampe dewasa mencoba untuk membuat sajian minuman yang terdiri dari tiga bahan dasar ini.

Saking terkenalnya, beberapa aplikasi sosial media seperti twitter, Instagram dan juga tik tok ramai dengan hastag #dalgonacoffeechallenge, para pengunanya pun berlomba-lomba untuk mengupload hasil kreasinya.

Baca Juga : Sajian Kopi Kreatif Berikut Layak Dijadikan Sajian Buka Puasa

Tak mau kalah, beberapa selebritis yang sedang mengikuti social distancing ikut serta berkreasi membuat Dalgona Coffee. 

Uniknya meski mengunakan bahan dan langkah-langkah yang sama namun Dalgona Coffee kreasi mereka terlihat berbeda lho ! Wah, kok bisa ya ? Yuk, kita simak ulasannya dibawah ini.

Raisa

Dikenal sebagai penyanyi yang sibuk dengan aktivitas bernyanyi serta mengurus suami dan buah hati tercinta, ternyata membuat Raisa sedikit kudet alias kurang update. 

Pasalnya, melalui cuitannya di twitter pada tanggal 3 April 2020 ia menanyakan mengenai minuman kekinian ini. 

Akhirnya, setelah mendapat tantangan dari selebgram Rachel Venya dan tips dari para pengemarnya, Raisa akhirnya menerima tantangan #dalgonacoffechallenge.

Bahan Dalgona Ala Raisa

  • 2 Sendok Nescafe Classic
  • 1 Sendok Gula Aren
  • 2  Sendok Air Panas
  • 1 Gelas Susu Cair
  • 5 Potong Es Batu

Cara Meracik Dalgona Coffee Ala Raisa

Siapkan bahan untuk takaran  1 gelas, kemudian tips dari Raisa adalah mengunakan saringan teh/tepung yang terbuat dari kawat. 

Jika beberapa orang mencoba mengunakan sendok atau garpu, namun dikarenakan bentuk saringan yang rapat membuat foam lebih cepat terbentuk. 

Kemudian siapkan mangkok (dianjurkan mengunakan piring flat agar mudah diaduk), masukan 2 sendok kopi, 2 sendok gula aren, tambahkan dua sendok air hangat, kemudian aduk selama kurang lebih 2-3 menit hingga mengembang. 

Setelah cukup mengembang masukan coffee foamnya kedalam gelas es susu yang telah disiapkan dan taburi dengan remahan biskuit. Dalgona Coffee saringan ala raisa siap dihidangkan.

Syahrini

Jika Raisa membuat Dalgona Coffee karena tantangan dari Rachel Venya, berbeda dengan penyanyi sensasional Syahrini.

Karena permintaan khusus dari sang suami, Syahrini tak ragu terjun ke dapur untuk membuat segelas minuman viral ini.

Baca Juga : Membuat Minuman Buka Puasa Es Kopi Susu Kekinian Tanpa Alat, Tanpa Ribet

Untuk takaran Syahrini hanya mengandalkan intuisinya saja, namun nyatannya berhasil lho.

Cara Meracik Dalgona Coffee Ala Syahrini

Pertama siapkan susu almond dengan es didalam gelas, di wadah yang lain masukan kopi tanpa ampas kurang lebih 5 sendok teh, tambahkan air hangat secukupnya kemudian kocok dengan mengunakan handblender. 

Mengocok mengunakan alat tentu memberikan hasil yang lebih cepat dan berbusa ini dapat dijadikan alternatif bagi anda yang tidak mau repot. 

Setelah mengembang, Syahrini menuangkan foam tersebut kedalam dua gelas kemudian taburi dengan bubuk coklat. Minuman kopi nikmat ini ia namai dengan ‘Dalgona Coffee Intuisi Incess’.

Jung Il Woo

Konon katannya resep Dalgona Coffee ini berasal dari salah satu artis yang unjuk kebolehan dalam salah satu variety show (Fun Restaurant) di stasiun TV Korea. 

Jung Il Woo menciptakan resep ini karena terinspirasi dari jajanan terkenal yang memiliki tekstur yang manis dan lumer di mulut yaitu Dalgona (caramel gula). 

Baca Juga : Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan dari Ahli Gizi

Untuk versi aslinya, Dalgona Coffee tidak memakai susu sebagai campuran, hanya es dan air saja. Kemudian ia membuat dua versi denga menambahkan dengan susu cair.

Bahan Dalgona Coffee ala Jung Il Woo

  • 2 Sendok Coffee
  • 2 Sendok Air Hangat
  • 2 Sendok Gula

Cara Meracik Dalgona Coffee Ala Jung Il Woo

Pertama siapkan wadah, masukan 2 sendok kopi, 2 sendok gula, 2 sendok air hangat kemudian aduk sebanyak 400 kali dengan kocokan telur. 

Setelah mengembang siapkan gelas, jika ingin membuat dengan versi pertama cukup masukan foam kopi, tuang air secukupnya kemudian masukan es batu. 

Dan jika ingin mencoba versi kedua masukkan es batu dalam gelas, susu cair kemudian terakhir masukan foam coffee. 

Dalgona Coffee dengan dua versi siap dinikmati. Wah, menarik sekali bukan? Yuk, mumpung #stayathome berkreasi dengan kopi. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *