Membuat Minuman Buka Puasa Es Kopi Susu Kekinian Tanpa Alat, Tanpa Ribet

wartakopi.com – Jakarta. Es Kopi Susu sebenarnya bukan menu minuman yang baru di kalanganmasyarakat. Namun, sejak munculnya puluhan brand kopi kekinian, Es Kopi Susu menjadi primadona baru di kalangan generasi milenial. 

Jika dahulu, Es Kopi Susu ditawarkan dengan kopi hitam yang dicampur dengan krimmer atau susu kental manis dan gula putih, kini Es Kopi Susu dikreasikan dalam resep baru yaitu dengan mengunakan gula aren (brown sugar) serta susu paesturtisasi atau UHT. 

Baca Juga : Sajian Kopi Kreatif Berikut Layak Dijadikan Sajian Buka Puasa

Mengapa gula aren yang dipilih untuk menjadi campuran kopi susu? Usut punya usut, dibanding dengan gula lainnya tekstur dan karakteristik gula inilah yang paling mendukung untuk dicampur k edalam kopi susu.

Memilih Gula Aren

Gula Aren yang berwarna lebih coklat, aromanya lebih kuat dan memiliki rasa yang lebih manis./Photo by_Freepik.com

Gula Aren yang berwarna lebih coklat, aromanya lebih kuat dan memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan gula lainnya. 

Namun, tentu anda harus dapat membedakan antara gula aren dan gula jawa. Gula aren merupakan gula yang dibuat dari nira pohon aren.

Baca Juga : Perangi Covid-19: Saatnya Seduh Kopi di Rumah Ajah

Sedangkan gula merah atau gula Jawa ini terbuat dari nira pohon kelapa. Nah, jika berbelanja di supermarket bandingkan saja warna keduannya, gula aren akan berwarna lebih coklat atau gelap daripada gula Jawa. 

Memilih Kopi

Es Kopi Susu bisa menggunakan kopi nusantara atau kopi instan.

Untuk kopi yang digunakan, dapat mengunakan berbagai pilihan. Jika anda pecinta kopi nusantara, anda dapat memilih satu jenis kopi favorit misalnya Arabika Gayo atau Robusta Temanggung. 

Tapi, kalau anda termasuk golongan tidak mau ribet sediakan saja 2 sachet nescafe classic sebagai bahan dasar kopinya.

Baca Juga : Pilih Arabika atau Robusta, Ini Faktanya

Nah,untuk pemilihan susu dapat digunakan dua jenis yaitu susu UHT maupun Pasteurisasi. Keduannya bisa digunakan untuk campuran kopi. 

Jika membuat Es Kopi Susu tanpa alat diantara keduannya tidak ada perbedaan. Sehingga dapat dipilih sesuai dengan selera anda.

Ketiga bahan di atas tentu sangat mudah didapatkan, karena itu untuk membuat Es Kopi Susu kekininan bukanlah hal yang sulit jika dilakukan di rumah. 

Cara Pembuatan

Ikuti langkah cara pembuatannya.

Mau tahu bagaimana cara pembuatan Es Kopi Susu kekinian enak tanpa harus mengunakan alat dan sederhana? Mari kita simak resep dan tahapannya berikut ini.

Bahan

  • 2 gr Kopi (Arabika/robusta atau instan tanpa ampas)
  • 250 ml Susu UHT/Pasteurisasi
  • Es Batu
  • Sea Salt (garam)
  • Air Putih
  • Bahan Gula Aren :
  • 100 ml Air
  • 100 gr Gula Aren
  • 1 Sendok teh Essence Pandan

Tahap Pembuatan

Masukan gula aren ke dalam air dan aduk hingga merata./Photo by_freepik.com

Langkah pertama ada menyiapkan gula Aren yang telah dicairkan. Pertama siapkan 100 gram gula Aren yang telah dipotong halus kemudian sisihkan. Disisi lain panaskan 100 ml air matang di atas tungku dengan api sedang.  

Kemudian masukan gula aren tersebut kedalam air dan aduk hingga mendidih. Setelah mendidih dan larut, sisihkan gula aren cair tersebut dalam gelas yang terpisah. Dapat pula ditambahkan 1 sendok essence pandan jika perlu.

Siapkan Bahan Dasar Kopi

Siapkan bahan kopi sesuai pilihan dan ketersedian serta kesukaan.

Untuk bahan dasar kopi, dapat mengunakan dua cara tergantung kopi yang digunakan. Jika ingin mengunakan Arabika dapat dipilih cara penyajian dengan mengunakan moka pot atau vietnam drip. 

Baca Juga : Tanya Seputar Kopi, Tadasih Jakarta Menjawab

Carannya sangat mudah, pertama siapkan dua sendok bubuk kopi (medium coarse), letakkan didalam moka pot yang telah diberi kertas kopi kemudian tuangkan air panas bersuhu 92-95’ celcius. 

Tunggu kurang lebih 3-7 menit sampai kopi menetes dengan baik. Atau jika anda ingin cara yang lebih sederhana dapat mengunakan dua bungkus kopi Nescafe Classic dan larutkan dengan  50 ml air panas.

Tahap Penyajian

Masukan es batu hingga mencapai bibir gelas, tuangkan susu UHT kurang lebih ½ gelas, kemudian perlahan masukan larutan kopi./Photo by_freepik.com

Siapkan gelas kosong berukuran besar, kemudian masukan gula Aren cair 1-2 sendok atau sesuai selera anda. 

Kemudian masukan es batu hingga mencapai bibir gelas, tuangkan susu UHT kurang lebih ½ gelas, kemudian perlahan masukan larutan kopi dan terakhir tambahkan sea salt (garam laut) sebagai topping.

Meski carannya terbilang sederhana, namun rasa yang dihasilkan tidak kalah dengan es kopi kekinian yang banyak dijual di kedai kopi yang mentereng. 

Es kopi susu kekinian ini banyak dijual dengan kisaran harga Rp18 ribu sampai dengan Rp28 ribu rupiah. Namun, jika dibuat sendiri makan anda mungkin dapat menghemat beberapa rupiah.

 Jika anda merupakan pengemar topping, es kopi susu ini juga dapat dikreasikan dengan menambah biskuit, boba, ataupun bubuk kopi. Selamat Berkreasi.  [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *