Perangi Covid-19: Saatnya Seduh Kopi di Rumah Ajah

wartakopi.com – Jakarta. Para pelaku industri kopi nusantara pun turut mendukung program pemerintah melawan Covid-19 yang telah menjadi pandemik dunia.

Beberapa kedai kopi diberbagai daerah di Indonesia menyerukan agar para pelanggannya untuk sementara waktu memenuhi asupan kafeinnya dengan membeli secara online dan atau menyeduh kopi di rumah ajah.

Promo menarik pun diberikan sederet kedai kopi, mulai dari potongan harga setiap menu kopi dan kue pendamping, bahkan hingga bebas ongkir dari jasa pengiriman kuliner online.

Klinik Kopi, salah satu kedai kopi asal Yogyakarta dan memiliki nama besar di kalangan pelaku kedai kopi tanah air, melalui chanel IG TV berbagi tips ke para penikmat kafein untuk menyeduh kopi dari rumah di masa darurat Covid-19 seperti saat ini.

Seduh Sendiri

Pepeng, pemilik kedai Klinik Kopi mengatakan, menyikapi musim seperti ini ada baiknya untuk menyeduh kopi dari rumah. Alat yang digunakan untuk menyeduh kopi di rumah antara lain, gelas, stainless steel grinder, dripper, dan kertas filter V60.  

“Buat penyeduh kopi rumahan, jika mempunyai biji kopi yang dalam kemasan plastik akan lebih baik dipindah ke toples agar aromanya lebih fresh dan tahan lama,” Pepeng memberi tips untuk menjaga aroma biji kopi. 

Kalau pun tidak ada toples, tambah Pepeng, biasanya kopi kemasan plastik selalu menyediakan isolasi tersendiri. Nah isolasi ini dapat difungsikan untuk menutup lubang udara dari kemasan tersebut. Ini pun dimaksudkan untuk menjaga aroma dan kesegaran kopi agar lebih tahan lama.

Kopi Klinik pun berbagai tips untuk menyeduh kopi nikmat di rumah diawali dengan mengambil 15 gram biji kopi atau setara dengan 1 sendok takaran kopi Hario. Setelah itu dimasukan ke grinder manual, lalu digiling dengan menggunakan 4 atau 5 putaran ukuran dari grinder tersebut.

Seduh dengan Air Panas 85 Derajat

Seduhlah kopi dengan air panas dengan suhu 85 derajat celcius.

“Setelah baru di grinder. Jika memang dirasa kurang halus tinggal di putar lagi ukurannya. Kalau kita biasanya di 4-5 putaran sudah cukup,” terang Pepeng. 

Selanjutnya, kopi yang telah di grinder dimasukan ke driper yang sudah dipasangi filter. Langkah berikutnya adalah menuangkan air panas ke dripper tersebut. “Seduh lah dengan air panas 85 derajat celcius,” urai Pepeng.

Di kedai Klinik Kopi, tambah Pepeng, kalau menyeduh kopi sebanyak 250 gram dengan sekali sedunya 15-16 gram dapat menghasilkan 16 gelas. Cukup mudahkan.

“Walaupun menyeduh di rumah, tetap jaga kondisi, jaga kesehatan dan tetap bekerja. Selamat menyeduh di rumah,” pungkas Pepeng. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *