Membanggakan, Kopi Toraja Asong Raih Medali di Australia International Coffee Awards 2020

wartakopi.com – Jakarta. Satu lagi bukti, jika Indonesia adalah “surga” bagi penikmat kopi dunia. Tak hanya mendapat pengakuan di sekala nasional, tapi juga mendapat pengakuan Internasional.

Kopi Toraja Asong mendapat pengakuan di dunia internasional melalui event Australia International Coffee Awards (AICA) 2020 dengan menyabet medali perunggu dalam kompetisi kopi spesialti dunia tersebut.

Baca Juga : Perangi Covid-19: Saatnya Seduh Kopi di Rumah Ajah

Alma dan Rico dari Kawaki Roastery, dalam siaran pers yang diterima redaksi mengatakan, pada bulan Februari 2020 lalu, Kawaki mengirimkan salah satu produknya yaitu Toraja Asong dalam kompetisi AICA 2020 yang diikuri oleh lebih dari 100 roastery dari seluruh dunia.

Kawaki mengirimkan salah satu produknya yaitu Toraja Asong dalam kompetisi AICA 2020 yang diikuri oleh lebih dari 100 roastery dari seluruh dunia.

“Dari sekian banyak roastery dari seluruh dunia, beruntung Kawaki bisa menjadi salah satu yang pemenang dalam kompetisi tersebut dengan membawa pulang medali perunggu.

Padahal, Kawaki hanya mengirimkan sebuah sample. Sedangkan, kompetitior lain rata-rata membawa lebih dari 2 sample kopi,” terang Rico, dalam keterangan pers-nya.

Kopi Toraja Asong, kata Rico, saat mengikuti kompetisi tersebut mengirimkan green bean yang diproses dengan Honey Process oleh Dapoer Kopi.

Menang di Methode Pour Over

Dalam kompetisi tersebut, Toraja Asong ikut dalam kategori Filter Kopi dengan methode pour over, dengan rincian sebagai berikut: 15gr kopi yang hasilnya menjadi 250gr, yang dipanaskan dalam suhu 94 derajat celcius. Kopi akan dibiarkan blooming selama 30 detik dan air dibiarkan habis menetes sebelum penuangan air dilanjutkan. 

Berdasarkan hasil penilaian juri, rasa yang didapatkan dari kopi ini adalah: Mix berry, Red apple, warm spice, cinnamon, Full body moves to black tea soft astringency in the fnish. Cascara tea, Well balanced. Musty flavours as it cools.

Baca Juga : Gunakan Perkakas Terbaik, Kedai Kopi ini Disebut ‘Gerobak Sultan’

Sebagai catatan terakhir, kopi Toraja Asong masih di Produksi dalam sekala kecil masih dibawah 500kg, karena proses seleksi green bean yang sangat ketat sehingga memerlukan waktu yang lebih lama.

Sebagai produsen kopi Toraja Asong, Kawaki Roastery merupakan bisnis kopi Keluarga  yang sudah puluhan tahun menggeluti Industri Kopi.

“Nama Kawaki, berasal dari bahasa Toraja yang memiliki arti “Kopi Kita” dan telah berdiri sejak tahun 2018 lalu di Pasar Santa, Jakarta,” pungkas Alma dan Rico. [*]

2 thoughts on “Membanggakan, Kopi Toraja Asong Raih Medali di Australia International Coffee Awards 2020

    • 28/07/2020 at 16:50
      Permalink

      Your welcome, Pak. Stay health & stay wit coffee. Cheeeeers.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *