Sajian Kopi Kreatif Berikut Layak Dijadikan Sajian Buka Puasa

wartakopi.com – Jakarta. Bulan Ramadhan tahun 2020 kali ini akan menjadi bulan puasa paling berkesan bagi umat muslim di seluruh Indonesia. 

Bagaimana tidak, dengan adannya anjuran untuk #DiRumahAja serta larangan untuk kembali ke kampung halaman para perantau mau tidak mau harus melewati puasa dan hari raya jauh dari keluarga.  

Saat bersama keluarga tentu menu berbuka puasa terasa berbeda dengan saat sendiri, biasannya tidak hanya menu utama yang disajikan namun juga lengkap dengan menu pembuka yang menyegarkan. 

Baca Juga : Meskipun ‘ANEH’ Menu Kopi Ini Tetap Disebut Kopi

Kolak, es campur ataupun es buah merupakan menu wajib yang tersaji saat menjelang buka puasa. 

Namun dikarenakan kondisi pandemi dan juga social distancing menyiapkan menu buka puasa sendiri tentu sedikit kesulitan. 

Menyiapkan menu pembuka dengan bermacam es atau puding tentu sedikit menyulitkan karena untuk membeli bahan masakan sedikit sulit kareana pembatasan ruang gerak untuk berbelanja. 

Karena itu ada baiknya dengan menganti menu lain yang lebih mudah disiapkan. Dan, nampaknya terasa kurang kreatif jika berbuka puasa hanya dengan menu-menu tersebut.

Untuk itu, tak ada salahnya dengan mencoba menu kekinian dengan bahan dasar dari kopi. 

Baca Juga : 5 Tempat Ngopi Yang Menawarkan Cita Rasa Kopi Sejujurnya di Yogyakarta

Kopi merupakan salah satu bahan baku yang mudah diperoleh dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. 

Meskipun tidak dapat langsung dikonsumsi setelah berbuka puasa, namun kreasi minuman kopi dapat dijadikan alternatif sebagai pelega dahaga.

Es Kopi Jahe
Sumber YouTube: Hadi Prayitno

Mengabungkan antara kopi dan jahe merupakan salah satu ide menarik dalam kreasi minuman. 

Kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan begitu juga dengan jahe , menghangatkan tubuh, memperlancar peredaran darah, dan mengatasi perut kembung merupakan keungulannya. 

Baca Juga : Aspasia Kafe, Tempat Ngopi Instagramable di Lembang

Namun, uniknya menurut penelitian oleh beberapa ahli, kopi jika dicampurkan dengan jahe akan memiliki manfaat tersendiri sebagai pereda nyeri otot. 

Untuk membuat kopi jahe tentu bukan perkara yang sulit, siapkan secangkir kopi hangat dengan meode penyajian manual atau americano kemudian campurkan dengan jahe segar yang sudah diparut halus atau digeprek. 

Affogato Cofee
Sumber YouTube: Dian Dara

Dikabarkan sebagai minuman penutup asal Italia, Affogato sendiri berarti ditengelamkan. Jika dilihat secara harafiah mungkin yang dimaksud adalah es krim atau gelatoyang ditengelamkan oleh minuman kopi. 

Jika menurut resep aslinya, affogato sendiri merupakan es krim vanilla yang disiram dengan kopi espresso. 

Baca Juga : Fenomena Kedai Kopi Milenial di Indonesia

Namun jika dirumah, espresso dapat diganti dengan kopi instan namun dilarutkan dengan sedikit air panas. 

Langkah selanjutnya tinggal ditambahkan dengan topping kacang atau choco cips. Hmmm… rasannya pasti nikmat dan menyegarkan ya.

Dalgona Coffee
Sumber YouTube: dr. Ray Leonard Judijanto

Menjadi minuman populer selama masa social distancing, rasannya Dalgona Coffee sangat cocok sebagai menu minuman untuk berbuka puasa. 

Untuk membuat segelas kopi dalgona, siapkan kopi instan tanpa ampas dan gula, siapkan satu sendok gula pasir, segelas es batu, susu segar atau full cream. 

Baca Juga : Kopi Tak Sekedar Dijadikan Minuman Kekinian, Juga Dapat Jadi Produk Kreatif

Campurkan satu sendok kopi dengan satu sendok gula, kocok dengan mixer atau kocokan manual sampai mengembang. 

Disisi lain siapkan satu gelas es dicampur dengan susu segar kemudian letakan kocokan kopi tersebut dan taburi dengan toping coklat bubuk. Voila…Dalgona kopi siap disajikan.

Coffee Milk Boba

Pasti sudah akrab khan dengan minuman yang ditambahkan dengan tepung tapioka yang telah dimasak dan dibentuk bulat yang disebut dengan boba. 

Banyak pecinta minuman yang tergila-gila dengan minuman kekinian seperti ini. Kini sajian ini dapat pula ditambahkan dalam minuman kopi lho. 

Baca Juga : Mengenal Sang Juara, Kopi Arabika Mamasa

Untuk boba dapat dibuat sendiri atau beli dalam bentuk kemasan siap pakai, kemudian siapkan kopi sesuai selera dapat mengunakan kopi instan atau kopi yang telah dibuat dengan metode manual brew. 

Campurkan beberapa sendok boba (sesuai selera), kopi dan susu segar. Untuk susu dapat diganti dengan krimer. Kemudian jangan lupa sajikan dengan es batu.

Es Kopi Cincau

Minuman es kopi cincau pun tak kalah populer dari yang sudah disebut. Hmm… coba kalian bayangkan jika kopi Arabika disajikan dengan tambahan cincau di dalamnya. 

Rasannya dapat menjadi ide yang menarik ya. Karena kopi Arabika sendiri memiliki rasa asam dan manis dari buah sehingga akan memunculkan rasa segar jika dicampurkan dengan es. 

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Dunia Kopi dari Kacamata Seorang Barista

Tak jauh berbeda dari minuman kekinian lainnya, siapkan segelas kopi yang disajikan dengan metode Vietnam Drip, campurkan dengan susu segar dan es batu kemudian masukan pula satu sendok cincau siap saji. 

Sebelum diminum pastikan untuk diaduk terlebih dahulu agar terlihat merata dan nikmat, sehingga saat dicecap akan terasa segar. [*]

  • Penulis : Alit Sanitha
  • Editor : Fatkhurrohim
  • Image : Instagram & YouTube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *