Belum Pernah Nyeduh Kopi di Rumah, Panduan Ini Sangat Membantu Untuk Para Pemula

WARTAKOPI.com – Jakarta. Kalian suka secangkir kopi nikmat di kedai kopi favorit, kemudian dimasa PSBB pengen membuat kopi sendiri di rumah dengan kualitas yang sama seperti di kedai. Jangan khawatir, kalian tetap bisa kok meski buatnya dari rumah. 

Kami mempunyai info menarik neeh buat kalian, bagaimana membuat secangkir kopi nikmat dari rumah dengan menggunakan perkakas manual brew yang tidak terlalu mahal, dan mudah cara membuatnya.

Baca Juga : Banyak Pilihan Perkakas Kopi Manual Brew di Rumah, Ini Cara Membuat dan Hasil Profil Kopinya

Mari kita coba cara membuat minuman kopi sendiri. Dalam artikel ini banyak alternatif pilihan membuat kopi yang kalian butuhkan mulai dari V60 hingga menggunakan French Press.

Contoh beberapa perkakas manual brew yang sering digunakan oleh penikmat kopi rumahan, Kalita Wave, Chemex, French Press, dan V60.

Kami akan berbagi tips dengan kalian penikmat kopi untuk mendapat kopi pour over yang nikmat dari rumah. Jujur, membuat kopi untuk kali pertama itu sangat menyenangkan.

Oh iya, hal pertama yang kalian harus miliki adalah perkakas kopi manual brew. Perihal perkakas yang kalian butuhkan telah banyak kita bahas. Silahkan dibaca-baca terlebih dahulu.

Baca Juga : Mau Buat Kopi, Pilih Metode French Press atau Pour Over, Ini Beda dan Manfaatnya

Setelah mendapat literasi perkakas kopi mana yang cocok sesuai kebutuhan, saatnya kalian browsing harganya di beberapa marketplace yang ada. 

Bertanya ke Brewers atau Barista sangat disarankan, agar kalian dapat insight langsung dari mereka. Jangan segan-segan untuk bertanya mengenai keunggulan dan kelemahan dari perkakas yang kalian tanyakan.

Biji Kopi

Indonesia memiliki beragam jenis kopi berkelas dunia. Kalian dapat memilih jenis kopi sesuai selera untuk di rumah.

Pertama, kalian harus menentukan dahulu kopi yang akan kalian buat. Kami merekomendasikan biji kopi daripada kopi bubuk. Tapi, itu kembali kepada pilihan kalian inginnya seperti apa.

Mungkin diantara kalian ada menyukai aroma dan rasa kopi yang fruity, cokelat, atau bunga bahkan yang lainnya. Itu tidak masalah, tanyakan saja ke barista yang kalian kenal untuk memberi gambaran sebaiknya yang mana sesuai selera kalian. Syukur-syukur mereka miliki dan menjual kopi yang seperti kalian cari.

Baca Juga : Jatuh Cinta Sama Kopi, Kenali 3 Alat Kopi Untuk Pemula

Namun jika kalian ingin lebih spesifik tentang biji kopi yang kalian beli pertimbangkan darimana originasi kopi favorit kalian tersebut, dan berapa level roasting yang digunakan.

Para pecinta kopi dari kalangan roastery maupun barista, selalu menyarankan membeli biji kopi lebih baik daripada kopi yang sudah jadi bubuk.

Pengetahuan dan pemahaman ini penting agar kalian terbiasa menikmati secangkir kopi dan tahu karakter rasanya di kemudian hari.

Perlu diingat, bahwa profil kopi kalian bukan hanya tentang biji kopi. Metode menyeduh kalian pun akan turut mempengaruhi, begitu juga dengan suhu air, ukuran gilingan kopi dan lainnya.

Tips Sebaiknya Menyimpan Kopi

  • Perlu dicatat, kopi adalah produk alami dan memiliki tanggal kedaluarsa. Untuk itu, belilah kopi yang sekiranya cukup untuk dikonsumsi dalam seminggu.
  • Kemudian, simpanlah kopi kalian di tempat atau wadah yang kedap udara dengan suhu yang setara di ruangan, jauhkan dari jangkauan sinar matahari. Jangan ditaruh di lemari es sebab akan menyerap aroma seluruh makanan yang ada disana.

Perkakas Manual Brew dan Filter Kopi

French Press, merupakan perkakas kopi paling sederhana, mudah pembuatannya, harga terjangkau, dan hasilnya bisa dikombinasikan dengan susu bagi yang tidak suka kopi hitam.

Ada berbagai macam pilihan perkakas manual brew yang kalian pilih. Ada 2 hal utama yang harus kalian pertimbangkan adalah profil rasa yang kalian inginkan dan kemudahan pengunannya.

Untuk perangkat filter atau pour over yang paling terkenal adalah Chemex, Hario V60, dan Kalita Wave. Perkakas tersebut cenderung memiliki profil yang clean dibanding dengan metode celup.

Baca Juga : Mesin Kopi Espresso Manual dan Otomatis Untuk Rumahan, Kamu Pilih Mana?

Pada sisi lain, perangkat manual brew seperti AeroPress, French Press dan Clever ini akan menghasilkan profil kopi yang lebih tebal.

Namun, masih banyak lagi jenis perkakas manual brew seperti Siphon, ibrik, tidak disarankan untuk pemula. Karena lumayan ribet.

Filter kopi yang paling populer untuk rumahan adalah V60 dan Kalita Wave yang dari kertas, selain harganya yang terjangkau pun mudah didapat di marketplace.

Kalian pun harus mempertimbangkan server dan filter kopi yang akan digunakan. Filter yang berbeda akan menangkap lebih banyak atau lebih sedikit minyak yang ada di kopi. Pilihlah filter kopi yang materialnya lebih ramah lingkungan.

Tips Merawat Perkakas Kopi

  • Jaga kebersihan perkakas kopi kalian. Setelah penggunaan, cucilah dengan dengan minyak kopi.
  • Bilas terlebih dahulu kertas filter sebelum digunakan dengan air panas agar mendapatkan secangkir kopi yang lebih clean dan tidak tercampur dengan karbonasi kertas.
  • Panskan pula terlebih dahulu perkakas seperti cangkir dan server untuk menghasilkan ekstraksi yang konsisten. Sebab, jika perkakas tersebut dalam kondisi dingin hasil ekstraksi kopi akan cepat dingin.

Grinder

https://www.freepik.com/free-photo/old-coffee-grinder-raw-roasted-coffee-beans-coffee-cup-bright-yellow-background_3669343.htm
Dengan memiliki grinder kopi di rumah, kalian akan mendapatkan aroma dan rasa kopi yang segar./Photo by_freepik

Ini sebenarnya rumusan sederhana, kopi yang baru digiling maka akan semakin segar aroma dan rasanya. Itu sebabnya, mengapa membeli biji kopi dan menggiling sendiri jauh lebih baik ketimbang kopi bubuk.

Ada 2 jenis grinder, gerinda dan mata pisau. Grinder dengan sistem gerinda umumnya dianggap lebih unggul dibanding yang menggunakan pisau, karena gerinda akan menghasilkan gilingan yang hasilnya merata dan konsisten.

Di sisi lain, ada pula grinder manual yang biasa digunakan oleh penyeduh kopi rumahan karena secara harga relatif terjangkau, hasil gilingan kopinya pun sangat istimewa. Cuma memang membutuhkan sedikit tenaga dalam menggilingnya.

Baca Juga : Daur Ulang Kopi Hitam Kalian Menjadi Minuman Kekinian

Hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ukuran gilingan kopi. Ini akan ditentukan oleh pilihan perangkat manual brew dan biji kopi yang kalian pilih, sesuai selera kalian masing-masing.

Rumusan dalam ukuran gilingan adalah, semakin halus ukuran gilingan maka semakin banyak ekstraksi yang akan dilakukan sebab luas permukaan yang lebih besar, waktu penuangannya pun akan semakin lama.

https://www.freepik.com/free-photo/aerial-view-person-making-drip-coffee_2893964.htm
Banyak jenis dan model grinder manual dengan harga terjangkau dan berkualitas yang cocok untuk digunakan di rumah./Photo by_Freepik

Semakin kasar hasil gilingan, maka semakin sedikit ekstraksi yang dihasilkan ini akan menyebabkan rasa kopi cenderung asam. Sementara ekstraksi berlebihan akan membuat profil kopi lebih pahit. Tinggal pilih selera kalian seperti apa?

Ukuran gilingan kopi pun bukan satu-satunya hal yang mempengaruhi ekstraksi. Menyeduh kopi adalah resep kopi yang rumit, namun disinilah seninya kalian harus piawai menyeimbangkan berbagai atribut tersebut agar menghasilkan rasa seperti yang kalian inginkan.

Baca Juga : 4 Cara Kreatif Mendaur Ulang Ampas Kopi

Saat menyeduh, suhu air pun turut mempengaruhi ekstraksi. Dengan demikian kalian mungkin mengubah variabel yang berbeda agar lebih pas sesuai selera.

Tips Saat Menggiling Kopi

  • Gilinglah kopi sebanyak yang kalian butuhkan untuk sekali minum.
  • Kopi bubuk akan menjadi tidak segar lagi aroma dan rasanya setelah 15 menit. kemudian.
  • Cuci atau bersihkan grinder setelah selesai digunakan, agar aroma kopi sebelumnya tidak tercampur dengan kopi yang baru dan yang lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *