4 Cara Kreatif Mendaur Ulang Ampas Kopi

wartakopi.com – Jakarta. Mungkin selama ini kalian sebagai penikmat kopi seduh belum tahu banyak manfaat dari bubuk kopi yang telah diseduh. Kalian pasti focks pada kenikmatan kopi yang diteguk setiap harinya.

Tahu kah kalian, ternyata secangkir kopi yang kalian cecap setiap hari tidak hanya berkontribusi pada umur panjang, menurunkan risiko stroke, mengurangi risiko terkena diabetes, dan manfaat kesehatan yang lainnya.

Baca Juga : Konsumsi dan Tren Kopi di Indonesia Meningkat Perlu Diiringi Edukasi

Di luar dari manfaat tersebut ampas kopi pun dapat dimanfaatkan banyak hal untuk disekitar lingkungan kita. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut sampai usai.

1. Dapat Digunakan sebagai Pupuk

https://www.freepik.com/free-photo/mint-seedlings-fertile-soil-wooden-surface_4725399.htm
Ampas kopi yang segar bermanfaat untuk tanaman, kandungan asam dari kopi mampu meningkatkan tingkat pH tanah./Photo by_Freepik

Bahkan tanaman yang ada di kebun samping atau belakang rumah kalian pun tak mampu menahan “godaan” si ampas kopi. Karena ampas kopi yang ditaruh di atas tanah akan menambah zat organic, meningkatkan retensi air dan aerasi serta membantu mikroorganisme yang bermanfaat untuk perkembangan tanaman.

Ampas kopi yang segar bermanfaat untuk tanaman, kandungan asam dari kopi mampu meningkatkan tingkat pH tanah. Ampas kopi pun sumber nitrogen nutrisi yang hebat.

Baca Juga : Bingung Harus Milih Beli Kopi Bubuk atau Kopi Biji? Ini Solusinya

Untuk digunakan sebagai pupuk, taburkan bekas ampas kopi ke tanah di sekitar tanaman kalian.

2. Dapat Digunakan sebagai Kompos

https://www.freepik.com/free-photo/closeup-hand-holding-soil-shovel-sapling_2586600.htm
Ampas kopi pun dapat membantu memperkuat kompos yang ada di kebun.Photo by_Freepik

Seiring dengan dijadikannya pupuk yang hebat, ampas kopi pun dapat membantu memperkuat kompos yang ada di kebun. 

Baca Juga : Daur Ulang Kopi Hitam Kalian Menjadi Minuman Kekinian

Nitrogen, kalium, dan fosfor tambahan di lahan membantu tanaman mengubah sinar matahari menjadi energi dan mempertahankan kelembaban, menjadi sumber tambahan zat bergizi bagi tumpukan kompos. 

3. Dapat Digunakan sebagai Pelapis Kayu

https://id.pinterest.com/pin/353603008237250673/
Ampas kopi dapat digunakan oleh produsen furniture kayu untuk menambal kayu yang berlubang./Photo by_pinterest

Di pedesaan, ampas kopi dapat digunakan oleh produsen furniture kayu untuk menambal kayu yang berlubang hanya dengan menambahkan lem putih dan bubuk kayu.

Cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan lem outih dan bubuk baja kemudian masukan dalam botol kaca, biarkan selama 24 jam, kemudian mulailah menggosok kayu dengan kopi dan bubuk baja yang telah dicelupkan lem putih.

Baca juga : 4 Mitos Pendekatan Khusus antara Petani dan Perusahaan Roasting Kopi Indonesia

Biarkan kering, lalu ulangi kembali untuk kedua kalinya agar hasilnya lebih gelap dan tahan lama.  Selanjutnya bersihkan ampasnya dan kayu bolong tertutup rapih dan kuat.

4. Menyingkirkan Garis Lingkaran di Kantung Mata

https://www.freepik.com/free-photo/image-annoyed-attractive-young-model-with-white-towel-her-head-opening-mouth-setting-teeth-looking-aside-having-irratated-facial-expression-skincare-beauty-treatment-concept_8759794.htm
Ampas kopi yang dicampur dengan minyak kelapa dapat mengikis garis tersebut./Photo by_Freepik

Oleh karena kelelahan atau kurang tidur, kadang menimbulkan garis lingkaran di kantung mata. Nah untuk mengurangi pemandangan tak sedap ini ampas kopi yang dicampur dengan minyak kelapa dapat mengikis garis tersebut. 

Baca Juga : Bisnis Kopi Terus Beradaptasi di Tengah Pademi Covid-19

Campurkan bubuk kopi dan minyak kelapa sampai tebal kemudian gunakan seperti masker. Geser ke bawah mata kalian,  diamkan selama 15-20 menit. Lakukan berulang selama dua kali dalam seminggu. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *