Mau Buat Kopi, Pilih Metode French Press atau Pour Over, Ini Beda dan Manfaatnya

wartakopi.com – Jakarta. Dengan banyaknya metode pembuatan kopi saat ini, kalian pasti bertanya-tanya, apakah secangkir kopi di pagi hari lebih segar bila dibuat dengan french press atau pour over (V60)?

Penikmat kopi mana pun pasti setuju, bahwa metode yang kalian gunakan untuk menyeduh kopi benar-benar memiliki perbedaan, baik secara aroma, tekstur, kesegara, dan rasa yang kalian dapatkan di setiap cangkirnya.

Baca Juga : Cara Membuat Affogato al Café “Spiked Stout Affogato”

Metode seduh kopi yang kalian gunakan juga dapat menentukan nilai gizi dan jumlah antioksidan dalam setiap bijinya, bahkan dapat mengurangi paparan bahan kimia kasinogenik yang terjadi pada setiap metode pembuatan kopi.

Let’s look closer at the key differences, and benefits, in eight different coffee brewing methods so that you can decide which one is right for you.

Ayo, sekarang kita “Gibahin” neeh lebih dekat perbedaan utama dan manfaatnya antara metode seduh dan metode pour over (V60) sehingga kalian dapat memutuskan mana tepat dan sesuai dengan karakter kalian.

French Press

French Press adalah salah satu metode seduh manual brew yang paling sederhana yakni berupa teknik merendam ampas kopi dalam air panas dan menekannya ke hingga sampai kedasar.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi dari Alat Seduh French Press

Berikut manfaat mencecap secangkir kopi dengan metode seduh French Press.

  • Biji kopi hanya bersentuhan dengan french press dan air panas sehingga menghasilkan secangkir kopi yang lebih kuat secara kandungan dan rasa kafeinnya.
  • French Press dari kaca atau baja dianggap sebagai salah satu metode seduh kopi terbersih. Sebab, tidak menggunakan filter kertas yang mengandung bahan kimia yang berpotensi dioksin dan epichlorohydrin yang menjadi karsinogenik saat bertemu dengan air. 
  • Metode pembuatan kopi dengan cara di rebus membantu melestarikan antioksidan yang ditemukan dalam biji kopi seperti asam klorogenik. Zat asam jenis ini menjadi alasan mengapa kopi dikatakan memiliki efek perlindungan terhadap alzheimer, parkinson dan demensia.

Pour Over

Beberapa penikmat kopi mengatakan, pour over adalah cara seduh yang terbaik pernah mereka miliki.

Metode Pour Over adalah metode manual brew lainnya yang menghasilkan secangkir kopi yang karakter rasanya sangat kuat.

Baca Juga : Cara Menyeduh Kopi dengan Metode V60

Beberapa penikmat kopi mengatakan, pour over adalah cara seduh yang terbaik pernah mereka miliki. Kalian mungkin tidak asing lagi dengan chemex dan Hario yang biasa dituangkan di atas alat pembuat kopi bukan.

Ini dia manfaatnya menikmati kopi dengan metode Pour Over

  • Menghasilkan rasa lebih kuat dan flavor yang lebih strong, karena bubuk kopinya dibasahi secara merata sehingga mengekstraksi aroma dan rasa yang unik dari biji kopi yang kalian pilih.
  • Dengan menggunakan metode ini memungkinkan kalian untuk mengendalikan secara penuh seperti rasa, kekuatan seduh dan tekanan suhu air.
  • Filter Chemex dirancang untuk menghilangkan sedimen, minyak dan asam lemak yang juga dikatakan membuat rasa kopi lebih kaya dan menghilangkan bagian biji kopi yang tidak diinginkan.
  • Chemex dari bahan kaca adalah menjadi pilihan paling baik dibandingkan bahan plastik yang mengandung bahan kimia penggangu endokrin seperti BPA yang dapat larut dalam minuman panas. 

Jadi, sekarang kalian lebih proper milih yang mana? Selamat Menyeduh.!!!! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *