“Gibah” Ringan dengan An Nguyen dan MiMo, Pemenang The Barista League: Online

wartakopi.com – Jakarta. Pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan lama ke hal baru. Termasuk ke event kejuaraan barista tahun ini yang diselenggarakan oleh The Barista League

Sebagaimana diketahui, An Nguyen dan MiMo telah bersaing selama bermingu-mingu dalam The Barista League: Online.

Baca Juga : eni Mencicipi Kopi di Connect Coffee

Pada babak pertama, pihak penyelenggara memberikan tantangan menebak dengan mengidentifikasi asal kopi dan metode pengolahan paling benar,  An memenangi pada ini dan MiMo di urutan kedua.

Di babak kedua, giliran MiMo yang memimpin dengan membuat Punch Susu non alkohol berbasis kopi dari Mystery Box. Mereka ditantang untuk meracik minuman dari bahan-bahan yang ada di mystery box tersebut. 

Menghancurkan Perkakas Rumah Tangga

https://www.thebaristaleague.com/blog/winners-of-the-barista-league-online
Tantangan di babak ke 3, mereka ditantang untuk meroasting kopi tanpa menggunakan alat roasting tradisional./Photo_Courtesy The Barista League

Perlu diketahui oleh kalian neeh, untuk memenangkan kompetisi Liga Barista ini pesaing harus melakukannya dengan baik ketiga tantangan yang dikasih pihak penyelenggara.

Dan, tantangan di babak ke 3, mereka ditantang untuk meroasting kopi tanpa menggunakan alat roasting tradisional. Pada babak ini sangat seru, karena mereka harus banyak menghancurkan perkakas rumah tangga bahkan ada insiden kebakaran.

Baca Juga : Coffee Pairing, Menemukan Kecocokan Rasa Kopi dengan Lainya

Hasilnya, An mampu mengalahkan MiMo. Mereka berdua tampil tidak mengecewakan. Padahal kedua kontestan ini tidak memiliki pengalaman meroasting kopi.

An Nguyen menjadi pemenang dalam kompetisi The Barista League: Online./Photo_Courtesy The Barista League

Hingga pada akhirnya penyelenggara menentukan bahwa An Nguyen menjadi pemenang dalam kompetisi The Barista League: Online beberapa minggu lalu dan prosesi penghargaan pun diberikan secara online.

Baca Juga : Filter Kopi Ini Berlapis Emas 24 Karat, Apa Istimewanya?

Sementara itu MiMo yang hanya kalah setengah poin ini menempati urutan dua untuk itu penyelenggara memberikan penghargaan Mystery Coffee Vacation.

The Mystery Box Challenge

An terlihat berpengalaman membuat kopi cocktail hal ini pun dapat dilihat dari beberapa postingannya di Instagram/Photo_Courtesy The Barista League

Berikut hasil “Gibah” ringan yang telah disarikan oleh kami dari The Barista League.

An, mengaku pada babak ke 2 merasa favorite bagi dirinya. “Favorite saya di putaran 2 (The Mystery Box Challenge), Sebab saya selalu tertarik untuk menemukan rasa baru,” terang An saat ditanya oleh Angela Ferara dari The Barista League.

Dalam kesempatan tersebut, An terlihat berpengalaman membuat kopi cocktail hal ini pun dapat dilihat dari beberapa postingannya di Instagram. 

Baca Juga : Ethicus Coffee Roasters, Tumbuh dan Besar di Negara Berbudaya Minum Teh

“Sebagian besar, minuman dan makanan saya non alkohol. Saya tidak pernah bekerja di bar atau menjadi bartender sehingga membuat minuman non alkohol adalah pembelajaran yang hebat,” jelas An.

Ia pun membuka rahasia, jika dirinya sedikit keluar dari pakem. An suka bermain-main dengan ide-ide yang belum banyak saya lihat.

“Kapo Chiu—Juara Dunia Barista tahun 2017, saya melihat saat itu dia menggunakan gin non-alkohol untuk signature drink. Itu benar-benar mengilhami saya dalam bereksperimen membuat cocktail kopi,” tandas An Nguyen. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *