Seni Mencicipi Kopi di Connect Coffee

wartakopi.com – Jakarta.“Gibah” tentang seni mencicipi kopi speasilti terkesan rumit, terutamanya untuk mencapai hasil terbaik yang mencakup notes seperti keasaman (acidity) rasa manis, aftertaste, keseimbangan dan lainnya.

Mungkin kalian bertanya-tanya, bagaimana suatu pagi seorang barista menyajikan secangkir kopi yang terasa nikmat atau bagaimana kalian menyeduh sendiri di rumah yang menghasilkan rasa dinamis dan kaya rasa.

Baca Juga : Ethicus Coffee Roasters, Tumbuh dan Besar di Negara Berbudaya Minum Teh

Connect Coffee Roasters, beberapa waktu lalu menjadi tuan rumah untuk para pecinta kopi dan semua orang yang ingin mengetahui tentang kopi. 

Cupping berarti memperluas dan membiasakan diri dengan berbagai rasa asal kopi ke langit-langit mulut seseorang.

Rasa Kopi Sangat Individual

Rasa, menjadi pengalaman yang sangat individual bagi seseorang

Beberapa tamu dari Connect Coffee singgah untuk mencicipi kopi terbaik dunia dari berbagai negara seperti Ethiopia, Honduras, Kosta Rika, Kolombia, Nikaragua, Papua Nugini, Guatemala dan lainnya.

Rasa, menjadi pengalaman yang sangat individual bagi seseorang. Berikut ini adalah beberapa komentar dari tamu Connect Coffee tentang kopi yang mereka cicipi.

Baca Juga : Coffee Pairing, Menemukan Kecocokan Rasa Kopi dengan Lainya

“Saya menyukai keseimbangan klasik dari kopi Kolombia”, “Manisnya Kopi Nikaragua bertahan lama”, “Rasa masnis dan aroma kopi Yirgacheffe dari Ethiopia sangat mengesankan”.

Kopi, memiliki lebih dari 1000 rasa dan aroma yang kompleks. Dibutuhkan cupper profesional untuk membedakan seluruh kopi yang ada.

Tidak Hanya Untuk Profesional Kopi

https://cafec-jp.com/about/
Connect Coffee menjadi tempat belajar para penikmat kopi yang belum profesional

Untungnya, metode Cupping di Connect Coffee ini tidak harus dibatasi hanya untuk para profesional kopi.

Untuk melakukan cupping, Connect Coffe hanya menyediakan peralatan seperti meja panjang, mangkuk cupping, sendok cupping, dan beberapa lembar kertas untuk penilaian. 

Baca Juga : Filter Kopi Ini Berlapis Emas 24 Karat, Apa Istimewanya?

Selain itu disediakan pula secangkir air panas untuk mencuci sendok usai dihirup. Kemudian harus ada handuk untuk mengeringkan sendok yang di taruh di atas meja.

Connect Coffe hanya menyediakan peralatan Cupping seperti meja panjang, mangkuk cupping, sendok cupping, dan beberapa lembar kertas untuk penilaian.

Kebayangkan, jika di Indonesia ada yang memiliki kedai khusus untuk mencicipi beraneka ragam kopi nusantara yang tak kalah nikmatnya dari negara luar. Pasti akan banyak yang datang ke kedai tersebut.

Mari kita berdo’a saja, semoga suatu saat akan ada pemodal yang memikirkan hal ini. Sebab, selain menjadi destinasi bagi pecinta kopi spesialti, tamu yang datang pun akan belajar banyak tentang kopi nusantara. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *