Bagaimana Dripper Dapat Mempengaruhi Rasa Kopi Kalian

WARTAKOPI.com – Jakarta. Perdebatan penggunaan dripper masih sering terjadi di kalangan brewer. Mereka masih selalu mempertanyakan sebaiknya menggunakan dripper yang datar atau yang kerucut, ukuran terbaik serta filter yang akan digunakannya.

Banyak variable yang perlu dipertimbangkan untuk memutuskan hal tersebut di atas. Namun, ada salah satu poin yang kurang dibahas oleh mereka yaitu bahan yang digunakan untuk membuat dripper.

Baca Juga : 4 Material Dripper Ini Berpengaruh Pada Hasil Seduhan, Ini Alasannya

Meskipun banyak orang beranggapan bahwa ini sesuatu yang tidak penting, justru sebenarnya hal ini berdampak pada proses ekstraksi kopi yang kalian buat.

Untuk mengetahui bagaimana bahan dripper dapat mempengaruhi rasa kopi, mari disimak para spesialis kopi ini memberikan pandangannya.

Variabel Seperti Apa yang Mempengaruhinya

Dripper dan filter dari kertas dan bambu ini mampu menghasilkan rasa dan aroma kopi yang berbeda jika diseduh dengan teknik Pour Over Coffee.

Pour Over Coffee atau proses menuang kopi adalah metode manual brew dimana air panas dituangkan di atas bubuk kopi kemudian disaring ke dalam wadah. Saat air melewati bubuk kopi air akan mengekstrak senyawa rasa yang akan larut dalam kopi.

Selanjutnya masih ada filter yang bertugas mencegah endapan minyak agar kopi terlihat lebih ringan dan klir atau bersih.

Baca Juga : Cafec Meluncurkan Filter Kertas Khusus Hasil Roasting

Senyawa rasa yang ada di dalam kopi seperti minyak, asam dan karbohidrat turut berkontribusi pada rasa dan aroma dari secangkir kopi yang kalian seduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *