Apakah Long Black Sama Dengan Americano? Simak Perbedaannya

WARTAKOPI.com – Jakarta. Saat ke kedai kopi, cobalah kalian pesan Long Black. Sepintas mungkin terlihat mirip dengan Americano. Eits jangan terkecoh dengan pandangan pertama, cobalah gali dan rasakan lebih dalam, kalian pasti akan menyadari adanya perbedaannya.

Sama dengan Americano, Long Black pada dasarnya berasal dari Espresso. Materialnya sama baik Long Black maupun Americano yakni Espresso dan air panas. 

Perbedaannya, ada pada persiapannya. Inilah yang dimaksud dengan Long Black, ada cara pembuatan yang unik. Simak berikut ini perbedaannya.

Dikutip dari laman perfect dayli grind, Long Black adalah minuman kopi paling popular di Australia dan Selandia Baru. Narasumber setempat menceritakan bagaimana cara membuat Long Black.

Ini Perbedaan Mendasarnya

Long Black dan Americano bahan dasarnya adalah Espresso.

Perbedaan mendasar antara Americano dan Long Black adalah bagaimana air panas dicampur dengan Espresso. Americano dibuat dengan menuangkan air panas di atas Espresso. Sementara Long Black adalah kebalikannya.

Dengan menuangkan Espresso di atas air panas, maka minuman tersebut akan mempertahankan lebih banyak crema, lebih banyak dari Americano.

Biasanya, Long Black juga disiapkan dengan air yang lebih sedikit daripada Americano. Oleh karena itu terlihat lebih pekat dan Espresso lebih terasa. Seperti namaya, Longk Black umumnya dinikmati tanpa susu.

Levent menambahkan, dengan ditambahkannya air sangat memungkinkan rasa kopi lebih terbuka dan menonjolkan karakteristik biji kopi dan profil sangria, dan kalian akan dapat menikmatinya lebih lama.

Long Black Aromanya Lebih Kuat

Di Jawa Barat, Indonesia, Long Black disebut juga Black Coffee. Long Black aroma dan rasanya lebih kuat.

Di luar Australia dan Selandia Baru, menu ini memiliki nama yang berbeda.

Mulia Handayani, pemilik kedai Smile Koffie dari Bandung, Jawa Barat ia mengatakan, Long Black di kedainya bernama Black Coffee. Pelanggan akan ditanya dulu mau memesan Long Black atau Americano.

Di Smile Koffie, Mulia dan karyawannya menyiapkan Long Black dengan menambahkan 160 ml air panas dari mesin Espresso ke dalam gelas, baru setelah itu menuangkan one shot espresso.

“Long Black ini mirip dengan Americano. Akan tetapi Long Black memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat,” pungkas Mulia Handayani. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *