Bagaimana Dripper Dapat Mempengaruhi Rasa Kopi Kalian

Perkembangan ekstraksi mereka tergantung pada sejumlah variable yang berbeda, termasuk rasio minuman, waktu pembuatan, suhu air dan filter yang digunakan pada dripper kalian.

Dengan menyesuaikan elemen ini dan kondisi lain dimana kopi diekstrasi, kalian dapat memperoleh secangkir kopi yang berbeda meskipun menggunakan biji kopi yang sama.

Sebagai contoh, jika kopi diseduh lebih lama, maka secara alami akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk proses ekstraksi dengan bubuk kopinya. Dengan demikian akan lebih banyak proses ekstraksi senyawa yang terjadi. 

Baca Juga : Cara Seduh Kopi dengan Vietnam Drip

Pun demikian dengan tingkat suhu yang akan digunakan untuk dituang ke dalam dripper. Semakin tinggi suhu air yang dipakai maka akan semakin tinggi pula tingkat kelarutan dan ekstraksinya. 

Bahan Dripper dan Temperatur Seduh

Setiap material Dripper yang berbeda memiliki “masa termal” dan tingkat insulasi yang berbeda pula.

Suhu air diakui sebagai factor penting yang mempengaruhi proses ekstraksi. Bahan dripper yang berbeda, akan mampu menahan panas lebih sedikit selama proses seduh itu berlangsung dan ini akan mempengaruhi panas pada server kopi kalian.

Baca Juga : Cara Menyeduh Kopi dengan Metode V60

Jonathan Gagne, pakar Astrofisika dan penggemar kopi dari Montreal, Kanada mengatakan, tetesan kopi berdampak pada retensi panasnya selama ekstraksi. Setiap material yang berbeda memiliki “masa termal” dan tingkat insulasi yang berbeda pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *