Cafec Meluncurkan Filter Kertas Khusus Hasil Roasting

wartakopi.com – Jakarta. Cafec, perusahaan peralatan kopi yang berbasis di Jepang telah meluncurkan filter kertas khusus untuk roastingan tertentu. 

Produk terbaru dari Cafec ini menambahkan lapisan presisi baru pada desain dan komposisi filter kertas kopi.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi dari Alat Seduh French Press

Hikari Sakai, General Manager Marketing Cafec Internasional mengatakan, Cafec membuat kedua sisi krep ini dari filter kertas baca dan 100 persen tradisional.

Akhir tahun lalu, pembuat peralatan manual brew ini meluncurkan serangkaian filter kertas baru yang berbentuk kerucut dan dirancang khusus untuk kopi dengan roasting tingkat tertentu.

Osmotic Flow

https://cafec-jp.com/brewing-guide/
Filter kertas Osmotic Flow ini hadir dalam 3 jenis varian khusus untuk hasil roasting kopi light, medium to dark dan dark./Photo by_Cafec

Dengan produk terbaru ini Cafec menawarkan kemudahan berupa garis ambang akhir bagi brewer untuk merubah resep manual brew mereka.

Oleh Cafec, filter kertas ini dinamakan Osmotic Flow. Hadir dalam tiga jenis atau variasi yang digunakan untuk hasil roastingan ringan, medium to dark; dan dark.

Baca Juga : Nespresso Meluncurkan Flavoured Coffee Terbaru dari Seri Barista Creations

Cafec tetap mempertahankan proses pengeringan udara panas yang disebut sebagai “creping,” atau tekstur seperti krep, di setiap sisi kertas, bukan hanya di satu sisi.

Setiap filter dalam garis aliran Osmotik menawarkan pendekatan yang berbeda untuk permukaan krep ini, selain itu juga menampilkan kerapatan dan ketebalan jaring yang berbeda yang mempengaruhi aliran dan ekstraksi air.

Temukan Perbedaannya

Setiap filter kertas jenis Osmotic Flow ini memiliki ketebalan dan fungsi masing-masing./Photo by_DCN

Filter kertas untuk hasil roastingan ringan terpadat di baris baru, tipis dengan ketebalan 0,15 mm. Filter jenis ini memiliki permukaan yang halus dan rata di dalamnya kemudian di luar ada tekstur krep-nya.

Menurut Cafec, fitur tersebut dapat mengakumulasi seduhan kopi secara merata di seluruh area dinding, memperlambat aliran dan mampu mengeluarkan aroma saat di seduh.

Baca Juga : 4 Material Dripper Ini Berpengaruh Pada Hasil Seduhan, Ini Alasannya

Garis paling tebal ditemukan pada filter kertas untuk hasil roasting medium to dark, yang dikerutkan di kedua sisinya.

https://cafec-jp.com/about/
Dengan 3 varian kertas filter ini Cafec memberi kemudahan para brewer untuk mengubah resepnya./Photo by_Cafec

Menurut Cafec, ketebalan 0,28 mm ini untuk mengimbangi jenis kertas yang lebih rendah agar menghasilkan dan meningkatkan aliran air yang lebih kencang ke dalam server.

Sementara itu untuk filter dengan hasil roasting dark memiliki kepadatan kertas dengan sekala sedang dengan ukuran 0,22 mm dan terlihat bergelombang di kedua sisinya.

Cafec menjelaskan, kertas tersebut memungkinkan aliran air di awal akan lebih cepat dan kemudian mengakumulasinya hingga akhir, aliran yang kian melambat hingga ke ujung akan menghasilkan body dan rasa manis dari kopi tersebut. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *