Jatuh Cinta Sama Kopi, Kenali 3 Alat Kopi Untuk Pemula

wartakopi.com – Jakarta. Ceritanya sudah jatuh cinta nih sama kopi. Saatnya mengenali tiga alat kopi berikut untuk pemula. Sebab, kopi merupakan dunia yang penuh ide baru dan juga banyak hal yang menarik di dalamnya. 

Untuk masyarakat awan, meminum segelas kopi mungkin yang terpikirkan hanya kopi, gula, dan air panas. Namun bagi para penikmat kopi, secangkir kopi bisa disajikan dengan puluhan teknik yang berbeda. 

Baca Juga : Sajian Kopi Kreatif Berikut Layak Dijadikan Sajian Buka Puasa

Layaknya seseorang yang sedang jatuh cinta, pasti ia ingin mengetahui banyak hal mengenai orang tersebut. Mulai dari asal-usulnya, sifatnya, serta kelebihan dan juga kekurangannya. 

Begitu juga bagi seseorang yang baru saja mengerti rasa dari kopi khas nusantara. Pasti penasaran dengan asal dari kopi tersebut, dapat diolah dengan teknik apa, dan bagaimana carannya.

Kalau sudah jatuh cinta sama kopi, tidak ada salahnya mengenal perkakas kopi agar lebih mengenal proses pembuatannya.

Kopi nusantara yang berjenis Arabika serta Robusta, dapat disajikan dengan berbagai teknik tertentu. Dapat disajikan dengan manual brewing seperti vaccum, french press, drip coffee dan sebagiannya. 

Bahkan disajikan dengan mengunakan mesin yaitu Espresso. Namun, dalam penyajiannya juga didukung oleh berbagai alat pembantu seperti grinder, ketel, thermometer, timbangan, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga : Satu Dalam Kopi, Kampanye Untuk Mendorong Perputaran Ekonomi Indonesia

Bagi para pemula yang baru saja merasakan manis asamnya rasa kopi yang sebenarnya tentu akan sangat memusingkan jika harus belajar dan mengunakan berbagai alat layaknya seorang Barista. 

Sehingga jika ingin menikmati kopi yang tidak sekedar tubruk, ada baikknya jika mengunakan beberapa alat berikut untuk membuat kopi layaknya seorang barista.

Clever Dripper

View this post on Instagram

祝大家母親節快樂!

A post shared by CleverDripper&HandyBrewTMaker (@cleverdripper) on

Berbentuk seperti kalita, namun clever dripper pengunaannya jauh lebih mudah daripada pour over biasannya. 

Jika kalita memiliki dua tiga lubang untuk proses tetesan, namun clever dripper ini hanya terdiri dari satu lubang saja. 

Tak jauh berbeda, sebelum pengunaan masukan parper filter kemudian basahi secara merata dengan air panas. 

Baca Juga : Mengenal Sang Juara, Kopi Arabika Mamasa

Karena clever dripper mengunakan metode yang direndam maka jenis kopi yang digunakan haruslah yang medium corse (kasar). 

Sebagai pemula alat ini terbilang sangat mudah, mulai dari berat kopi hingga air yang digunakan tidak perlu mengunakan takaran khusus. 

Ketel air panas pun tidak perlu mengunakan model goosneckatau semacamnya, karena yang diperlukan cukup air panas saja. 

Setelah itu tunggu sampai 4-5 menit dan biarkan kopi menetes pada gelas dibawah clever dripper.

French Press

Tak jauh berbeda dengan clever dripper kedua alat ini mengunakan teknik stepping atau perendaman kopi. 

Perbedaannya clever dripper mengunakan kertas untuk menyerap minyak sedangkan french press terbuat dari mesh filter dan juga stainless steel pada tutup alat yang tidak menyerap minyak pada kopi. 

Untuk jenis kopinya mengunakan gilingan coarse yang satu tingkat dari medium coarse, selain itu minimal pengunaan adalah 18 gram. 

Baca Juga : Kopi Tak Sekedar Dijadikan Minuman Kekinian, Juga Dapat Jadi Produk Kreatif

Kemudian siapkan air panas dengan suhu antara 90-95 ‘c, kemudian seduh kopi yang sudah ditakar di dalam alat dengan  jumlah sedikit (blooming) biarkan selama 30 detik. 

Selanjutnya, tuangkan air panas sampai memenuhi french press biarkan sampai 4 menit kemudian tekan tutup alat secara perlahan sampai kebawah (press). 

Kopi pun siap untuk dituangkan kedalam gelas dan disajikan. 

Vietnam Drip

Berbentuk seperti cangkir dari stainless stell dimana pada bagian dalam terdapat saringan dengan puluhan lobang. 

Karena berbentuk saringan maka kopi yang dibutuhkan merupakan kopi yang berbentuk kasar, agar saat proses penyaringan kopi dapat tersaring dengan baik dan tidak jatuh kebawah. 

Kopi yang dibutuhkan hanya 12-15 gram saja, dan cukup diseduh dengan air panas bersuhu 90-95’c. 

Baca Juga : Jangan Anggap Remeh Kedai Kopi Pinggir Jalan, Ini Alasannya

Pertama letakkan alat vietnam drip di atas gelas kemudian letakan kopi diatas saringan pertama, setelah itu tutup dengan mengunakan saringan kedua, selanjutnya tuangkan air panas secara perlahan dan tunggu beberapa saat hingga kopi menetes.

Namun, jika mengunakan kopi vietnam ada baikknya mengunakan susu kental manis sebagai pelengkap, karena kopi vietnam terasa lebih sedap jika disajikan sesuai dengan cara penyajian di daerah asalnnya. 

Ketiga alat ini merupakan alat yang cukup mudah dan praktis untuk meracik dan meyeduh kopi ala barista. 

Selain itu untuk mempermudah takaran kopi dapat digunakan sendok pengukur serta thermometer suhu untuk memperkirakan tingkat panasnya air. [*]

  • Penulis : Alit Sanitha
  • Editor : Fatkhurrohim
  • Image : Instagram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *