Satu Dalam Kopi, Kampanye Untuk Mendorong Perputaran Ekonomi Indonesia

wartakopi.com – Jakarta. International Coffee Organization tahun 2017 menyebut Indonesia masuk dalam 4 besar negara produsen kopi di dunia. 

Namun pandemi COVID-19 ini tentu menjadi tantangan bagi setiap lapisan masyarakat, tidak terkecuali para pelaku industri kopi. 

Baca Juga : Aroma Harum dari Kisah Sukses Pengusaha Kopi

Tokopedia salah satu marketplace Indonesia, mengajak bersama ratusan penjual kopi dari seluruh negeri dalam kampanye #SatuDalamKopi.

Upaya ini dilakukan untuk memajukan industri kopi nusantara sambil menjaga roda ekonomi Indonesia.

Kampanye nasional yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berlangsung mulai hari ini Senin 20 – 26 April 2020 mendatang.

Saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia. 

Baca Juga : Kopi Tak Sekedar Dijadikan Minuman Kekinian, Juga Dapat Jadi Produk Kreatif

Beberapa brand besar pun turut dalam kampanye ini diantaranya, Otten Coffee, Toko Kopi TUku, E.I.K Roastery, dan lainnya dari berbagai daerah.

Mendukung Pebisnis Kopi

William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia​ mengungkapkan, inisiatif bersama dengan pemerintah dan pelaku industri kopi lokal ini sejalan dengan salah satu prioritas utama Tokopedia pada kampanye ​#JagaEkonomiIndonesia. 

Yakni mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia dan memastikan lapangan pekerjaan tetap terjaga dengan memungkinkan para pebisnis lokal dapat terus berbisnis lewat Tokopedia.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Dunia Kopi dari Kacamata Seorang Barista

“Kami juga berkomitmen untuk memastikan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan tanpa harus keluar rumah,” katanya.

Kampanye Tokopedia ini turut memberikan pendampingan, akses, dan edukasi yang dibutuhkan termasuk peningkatan kualitas produksi hingga pemasaran, serta penyediaan fitur-fitur yang memudahkan pelaku industri kopi.

Wiliam menambahkan, dengan adanya dukungan dari hulu ke hilir diharapkan kampanye ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh penggiat industri kopi mulai dari petani hingga pemilik merek terus tumbuh dan berkembang. [*]

Penulis : Non Reporter Editor : Fatoer Doang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *