Mesin Kopi Espresso Manual dan Otomatis Untuk Rumahan, Kamu Pilih Mana?

wartakopi.com – Jakarta. Ingin menikmati menu kopi espresso, tapi tidak banyak waktu untuk mencecapnya di kedai kopi. Mau buat di rumah tapi belum tahu alat mana yang harus dibeli antara manual atau otomatis.

Coba kita simak dua alat mesin kopi espresso manual dan otomatis berikut yang cocok untuk di rumah. Setelah membaca ini mungkin kalian akan mendapat gambaran sebaiknya yang mana dan cocok. 

Baca Juga : Apa itu Macchiato? Berikut Pendapat Para Pakar Kopi Dunia

Mesin kopi espresso ini memang mempunyai banyak jenis dan merek yang berbeda-beda dari yang mini hingga berbadan lebar tentunya dengan beragam kelebihan dan kekurangan.

Mesin Kopi Espresso Manual

https://www.lapavoni.com/en/product/milano-mln/
Mesin kopi espresso manual ini memiliki desain klasik dan elegan./Photo by_La Pavoni

Namanya saja manual, jadi semua dikendalikan sepenuhnya oleh si empunya atau barista rumahan. Namun demikian, mesin kopi espresso manual ini memiliki karakter yang kuat yaitu desainnya yang klasik dan elegan. 

Mesin kopi espresso manual umumnya hadir dengan desain klasik dan elegan. Pun sangat sesuai dengan fungsinya. Namanya saja manual, jadi kendali penuh berada di kalian.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Kopi Aceh Gayo

Pengguna harus menakar dan menggiling sendiri biji kopi, tamping, mengatur suhu dan tekanan, serta berapa lama proses ekstraknya. La Pavoni merupakan salah satu prodeusen mesin kopi espresso yang sangat bagus.

Mesin espresso tipe ini umumnya memiliki fitur fungsional yang lebih lengkap seperti boiler, steam pressure gauge, portafilter, dan manual lever untuk mengatur lamanya proses ekstraksi secara manual.

Mesin Kopi Espresso Otomatis

https://www.dolce-gusto.co.id/m/mesin/mini-me/mini-me-automatic-piano-black-machine
Mesin kopi espresso otomatis disebut juga Pod Coffee memiliki desain modern cara penggunaannya pun sangat praktis./Photo by_dolce gusto

Mesin espresso otomatis  disebut juga dengan istilah pod coffee. Alat ini memiliki desain modern dan banyak fiturnya. Penggunaannya pun praktis hanya dengan beberapa kali sentuh saja.

Pod Coffee memiliki perbedaan mendasar dengan mesin kopi espresso lainnya. Meski otomatis, konsep kinerja mesinnya pun berbeda denan mesin kopi espresso super otomatis.

Baca Juga : PSBB Dicabut, 2 Hal Berikut Ini Harus Diperhatikan Oleh Pelaku Bisnis Kopi

Alat ini tidak dapat bekerja jika menggunakan bubuk kopi sebab menggunakan bahan baku kopi yang telah dikemas dan berbentuk khusus yang dimasukan ke mesin baru setelah itu akan secara otomatis mengolah sendiri.

Salah satu produsen Pod Coffee ini adalah Dolce Gusto dan Nespresso. Mereka mendesain mesin ini memang khusus untuk digunakan di rumah. Itu sebabnya, mesin ini tidak banyak memakan tempat. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *