PSBB Dicabut, 2 Hal Berikut Ini Harus Diperhatikan Oleh Pelaku Bisnis Kopi

wartakopi.com – Jakarta. Akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) banyak kedai kopi menganggap kondisi ini sangat menantang, tetapi hal-hal tertentu dapat membantu mereka mengatasi situasi sampai keadaan membaik. Beberapa hal berikut ini patut diperhatikan.

Ancaman Pengeluaran Konsumen Menurun

Sementara banyak yang berasumsi bahwa pelonggaran PSBB berarti bahwa bisnis dapat beroperasi seperti biasa. Akan tetapi, pola di negara lain menunjukkan bahwa ini tidak mungkin.

Baca Juga : Bisnis Kopi Terus Beradaptasi di Tengah Pademi Covid-19

China adalah salah satu negara yang pertama kali menerapkan PSBB Covid-19. Baru-baru ini negara tersebut telah membuka kembali akses ke banyak kota.

Jumlah tingkat pengangguran mampu mengurangi pengeluaran konsumen./Photo by_Freepik.com

Namun yang terjadi adalah pengeluaran konsumen lebih rendah dari yang diharapkan. Banyak orang tetap berbelanja online atau mengurangi pembelian. Ini berarti bahwa penjualan bisa lambat untuk pulih, bahkan setelah PSBB dicabut.

Daniel Velasquez, Pendiri Campesino Coffee dari Kolombia mengatakan, jumlah tingkat pengangguran mampu mengurangi pengeluaran konsumen.

Baca Juga : Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan dari Ahli Gizi

“Begitu situasi normal dan kedai buka kembali, konsumen akan lebih hemat dengan pengeluaran mereka. Sebab, banyak orang kehilangan pekerjaan, jadi mungkin perlu waktu sampai angka pengangguran kembali turun dan kepercayaan konsumen naik kembali,” ungkap Daniel.

Perlu Merubah Preferensi Penikmat Kopi

Selama PSBB, konsumen telah merubah preferensi konsumsi kopi,.

Selama PSBB, konsumen telah merubah preferensi konsumsi kopi, meskipun ini tergantung pada kondisi masing-masing wilayah.

Beberapa akan ingin bereksperimen dengan kopi mahal dan eksklusif dan mereka sadar akan harganya, sebab mereka membeli dalam sekala kecil dan untuk konsumsi pribadi.

Baca Juga : 5 Faedah Kopi Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Secara Rutin

Namun ada juga konsumen yang ingin berhemat dengan cara mencari harga yang lebih terjangkau. 

Dari dua kasus tersebut, artinya pemilik kedai kopi dapat menumbuhkan pelanggan setia mereka dengan mendorong mana yang lebih banyak mengkonsumsi keduanya.

https://www.freepik.com/free-photo/side-view-girl-drinks-cappuccino_8197138.htm
Ada konsumen yang ingin berhemat dengan cara mencari harga yang lebih terjangkau./Photo by_Freepik.com

Hal ini dapat dilakukan dengan mmendorong pelanggan untuk mencoba kopi baru atau yang tidak ada di rumah mereka.

Karl Wienhold, Director of the Colombian Fammers Collective & Export Cedro Alto mengatakan, orang yang biasa menikmati kopi dari satu brand sering tidak membatasi diri pada satu jenis. Ini merupakan peluang untuk menumbuhkan pelanggan yang membeli kopi khusus kelas atas.

Dan, ini dapat menjadi peluang untuk memasuki pasar pelanggan yang mengunjungi kedai kopi anda untuk di bawa pulang, tetapi mereka tidak membuatnya di rumah karena khawatir akan harga. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *