Kopi Dapat Menurunkan Berat Badan? Ini Penjelasan dari Ahli Gizi

wartakopi.com – Surabaya. Mungkin belum banyak orang tahu, jika ternyata minuman kopi yang menjadi favorite di dunia ini mampu menurunkan berat badan.

Stefania Widya Setyaningtyas, S.Gz, M.PH Dosen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga mengatakan, dua kandungan utama dalam kopi yakni Kafein dan Klorogenat ini berpengaruh pada penurunan berat badan.

Baca Juga : Minum Kopi dengan Filter Lebih Baik Untuk Jantung Anda

Kedua kandungan zat ini ditengarai mampu meningkatkan pembakaran energi sehingga menyebabkan terjadinya pembongkaran cadangan lemak untuk menyuplai kekurangan energi dalam tubuh.

Asam Klorogenat

Dua kandungan utama dalam kopi yakni Kafein dan Klorogenat ini berpengaruh pada penurunan berat badan.

Asam Klorogenat dalam kopi pun dapat mengatur respon lapar dan kenyang karena kandungan tersebut dapat mempengaruhi hormon leptin dan ghrelini.

Baca Juga : 5 Faedah Kopi Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Secara Rutin

Selain itu, terdapat penelitian di Indonesia yang membahas tentang pengaruh kopi terhadap UCP (uncoupling protein). UCP itu sendiri berada di dalam mitokondria dan berfungsi untuk membakar lemak.

“Ternyata orang yang konsumsi kopinya tinggi itu memiliki jumlah UCP yang lebih banyak, artinya orang tersebut lebih banyak membakar energi daripada orang lain yang tidak mengonsumsi kopi,” ungkap Stefania.

Kopi Tanpa Gula

Agar manfaat kopi untuk menurunkan berat badan bisa maksimal maka kopi yang diminum haruslah kopi yang tanpa gula.

Agar manfaat kopi untuk menurunkan berat badan bisa maksimal maka kopi yang diminum haruslah kopi yang tanpa gula. Sebab gula merupakan sumber energi tubuh sedangkan kopi berfungsi sebagai pembakar energi, artinya asupan sumber energi tetap terpenuhi.

Stefani menambahkan, tidak ada jenis kopi khusus yang digunakan untuk penurunan berat badan tersebut. Karena pada dasarnya, semua kopi mengandung kafein dan asam klorogenat.

Baca Juga : Mengenal Sang Juara, Kopi Arabika Mamasa

“Terdapat penelitian yang mengatakan jika kopi hijau mengandung lebih banyak asam klorogenat. Asam klorogenat lebih berpengaruh untuk menurunkan berat badan karena berfungsi sebagai pengatur respon lapar dan kenyang,” tambahnya.

Meskipun berdampak positif terhadap penurunan berat badan, konsumsi kopi juga tidak boleh berlebihan. Dalam sehari, dianjurkan untuk tidak meminum kopi lebih dari empat cangkir. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *