5 Faedah Kopi Bagi Kesehatan Bila Dikonsumsi Secara Rutin

wartakopi.com – Jakarta. Apakah anda merasa lemas dan tidak bersemangat jika satu hari saja tidak mengkonsumsi kopi ? Bisa jadi anda sudah kecanduan dengan rasa kopi yang begitu nikmat.

Kopi yang memiliki aroma khas serta rasa yang legit memang memberikan efek menenangkan dalam setiap tegukannya. Karena itu tidak heran, merupakan minuman favorit dan wajib dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga : Minum Kopi dengan Filter Lebih Baik Untuk Jantung Anda

Dalam berbagai penelitian ilmiah, kopi memang memiliki segudang faedah kesehatan bagi yang mencecapnya. Apa saja sih faedah kesehatan tersebut? Simak ulasan berikut ini yah.

Mencegah Parkinson

Dalam lapisan biji kopi terkandung senyawa eicosanoyl-5-hydroxytryptamide yang mampu mencegah penyakit Parkinson.

Parkinson merupakan penyakit yang dimulai dengan tanda terjadinya tremor atau gemetaran pada saat-saat tertentu. 

Hal ini disebabkan karena penurunan daya otak bagian tengah untuk mengatur pergerakan tubuh. 

Parkinson merupakan penyakit yang telah diderita oleh ribuan orang, namun sampai saat ini belum ada penelitian yang berhasil mendapatkan obatnya. 

Tetapi dalam penelitian justru menyebutkan senyawa EHT (eicosanoyl-5-hydroxytryptamide) yang terkandung dalam lapisan biji kopi mampu mencegah terkena penyakit ini. Senyawa ini memiliki sifat untuk melindungi saraf dan anti – inflamasi.

Mencegah Alzheimer

Kandungan kafein yang ada di kopi ternyata mampu meningkatkan kada GCSF untuk membentuk sel-sel baru dalam otak.

Dikarenakan angka penyakit Alzheimer yang meningkat pada Manula, para peneliti pun terus mencari tahu cara pencegahan yang tepat. 

Alzheimer sendiri merupakan suatu penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi kognitif dan terkumpulnya beta amiloid di otak.

Baca Juga : Mesin Kopi Berdesain Mewah Ini Terinspirasi dari Mesin Pesawat Terbang

Setelah diteliti secara seksama kopi adalah minuman yang dapat mencegah munculnya penyakit Azheimer ini. 

Hal ini dikarenakan dalam kopi mengandung kafein yang mampu meningkatkan kadar Granulocyte-colony Stimulating Factor (GCSF) yang terdapat dalam darah. GCSF merupakan senyawa yang mampu membentuk sel-sel baru dalam otak. 

Mencegah Peradangan Otak

Kopi memang memiliki banyak manfaat bagi bagi otak, salah satunnya adalah mencegah peradangan. 

Zat Polifenal yang tergantung dalam kopi merupakan antioksidan yang dapat mencegah munculnya peradngan dalam otak dalam hipokampus dan korteks.

Baca Juga : 5 Buku Terbaik yang Wajib Dibaca untuk Pengila Kopi

Meningkatan Daya Ingat

Dengan mengkonsumsi kopi sebanyak 200 miligram ternyata baik untuk otak.

Kafein yang terkandung dalam kopi mampu melumpuhkan zat/molekul yang bernama adenosin. Zat ini ternyata memiliki peran yang buruk yaitu menggangu fungsi sel saraf dalam otak. 

Namun, meski baik untuk meningkatkan daya ingat jumlah kafein yang dikonsumsi harus sesuai. Setelah dilakukan penelitian seseorang yang mengkonsumsi 100 miligram kafein tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan yang tidak mengkonsumsi. 

Sedangkan saat mengkonsumsi 200 miligram, kerja otak menjadi lebih baik dari sebelumnya namun jika mengkonsumsi 300 miligram justru kerja otak akan mengalami penurunan. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *