Apa itu Macchiato? Berikut Pendapat Para Pakar Kopi Dunia

wartakopi.com – Jakarta. Sebagai penikmat kopi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan menu Macchiato. Namun ketika disajikan, setiap barista memiliki cara yang berbeda ketika diracik olehnya. 

Berikut ini bagaimana cara barista professional berkelas dunia menerjemahkan Macchiato ketika akan disajikan ke pelanggannya.

Baca Juga : Bisnis Kopi Terus Beradaptasi di Tengah Pademi Covid-19

Macchiato adalah kata dari Italia yang diterjemahkan secara moderat menjadi “Ditandai”—dan biasanya digunakan untuk mengilustrasikan minuman kopi dengan nama yang sama

Secara sederhana, para penikmat kopi ketika ditanya bagaimana cara membuat Macchiato mereka pasti akan menjawab menambahkan susu ke dalam gelas kopi espresso.

Meskipun ini bener, tapi tidak ada berapa takaran jumlah susu yang diterima secara universal. Artinya, ketika anda memesan Macchiato di berbagai kedai kopi akan mendapatkan minuman yang berbeda.

Ihwal inilah muasal Macchiato, bagaimana disajikan hingga saat ini serta bagaimana minuman ini berkembang kedepannya.

Bagaimana Macchiato Diracik?

https://www.freepik.com/free-photo/close-up-delicious-late-with-milk_6655463.htm
Resep Macchiato tergantung pada rasio espresso dengan susu yang digunakan./Photo by_Freepik

Macchiato kemungkinan dibuat di Italia pada tahun 80-an oleh seorang barista yang ingin membedakan pesanan espresso murni dan espresso susu. Minuman serupa di kedai kopi Pingado, Portugal dinamakan kopi dengan setetes susu.

Ini artinya, resep Macchiato akan tergantung pada rasio espresso dengan susu yang akan digunakan. Mengingat, minuman Cotardo bagian yang sama dari susu ke espresso. Piccolo latte pun berasal dari one shot espresso kemudian susu dan busa menjadi toping-nya.

Baca Juga : Membuat ES Kopi Susu Kombinasi Bahan Dapur

Di Australia, Macchiato diracik dari double shoot espresso dan sedikit susu. Kemudian ketika anda ke Starbucks ada menu caramel Macchiato. Menu dari Starbuck tersebut kali pertama ditemukan pada tahun 90-an dan bahan dasar dari menu caramel Macchiato adalah susu steam dengan sedikit espresso ditambah sirup caramel.

Agar mendapatkan definisi Macchiato yang akurat, berikut ini pendapat 4 profesional kopi dari seluruh dunia. Salah satunya ada Mikael Jasin dari Indonesia.

Pendapat Macchiato Semua Orang Berbeda

https://www.freepik.com/free-photo/hot-caramel-macchiato_1248800.htm
Lauro Fioretti, ada 2 minuman yang berbeda yakni macchiato dan espresso macchiato./Photo by_Freepik

Lauro Fioretti, Head of Knowledge and Education at Simonelli Group menuturkan, bahwa ada 2 minuman yang berbeda; macchiato dan espresso macchiato. 

Macchiato, biasanya disajikan dalam gelas yang tinggi dan terdiri dari espresso, susu dingin dan dilapisi susu panas. Sedangkan espresso macchiato lebih kecil dan disajikan dalam cangkir espresso. Cangkir ini hamper berisi penuh dengan espresso dengan takaran biasa, cuma ditambah susu steam untuk membuatnya penuh.

Baca Juga : PSBB Dicabut, 2 Hal Berikut Ini Harus Diperhatikan Oleh Pelaku Bisnis Kopi

Ollie Futcher, Head Roaster at Saint Espresso in London percaya, jika macchiato adalah double shot espresso dengan susu steam yang bertekstur halus di atasnya.

Mikael Jasin, Direktur So So Good Coffee Company dari Jakarta, Indonesia, menyatakan setuju bahwasannya macchiato itu dibuat menggunakanone shot espressodan sedikit busa susu. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *