Belajar Dasar Roasting Kopi, Ini Untungnya

WARTAKOPI.com – Bekasi. Berkolaborasi dengan Sakha Coffee Roastery & Cotta Coffee, Himpunan Anak Media (HAM) menggelar event Fun Roasting, pada hari Senin (24/01/2021) dengan mendatangkan Head Roaster Sakha Coffee Roastery di kedai Cotta Coffee, di Jl. Kemang Raya No.19B, Pondokgede, Kota Bekasi.

Teuku Andi Nova Reza, Head Roaster dari Sakha Coffee Roastery menjelaskan, untuk fun roasting kali ini ia menggunakan mesin roasting lokal dengan kapasitas 100 gram, dan terkoneksi dengan aplikasi, sehingga sangat membantu untuk mengetahui suhu ideal untuk kopi saat berada di mesin roasting.

Baca Juga : 3 Alasan Mengapa Kedai Kopi Kalian Harus Meroasting di Sakha Coffee

“Kondisi suhu dan proses roasting yang ideal untuk suatu kopi digambarkan dalam kurva yang membentuk huruf S. Perlu diketahui juga, bahwasannya ketika beda mesin dan beda biji kopi pun perlakuannya berbeda. Jika kepadatan biji kopi tinggi, maka akan dibutuhkan suhu yang tinggi pula, “ terang Andi.

Usai kopi menjalani proses roasting, umumnya para penikmat kopi mengenal 3 level roasting (perubahan warna pada biji kopi), yaitu light, medium dan dark. Sejatinya, ada 16 perubahan warna biji kopi, green unroasted, starting to pole, eraly yellow, yellow-tan stage, light brown, brown, 1stcrack begins, 1stcrack underway, 1 st crack finished, city roast, full city roast, full city+ roast, dan seterusnya.

“Kalau di Cotta Coffee, untuk membuat espresso based itu tidak menggunakan skala medium to dark, akan tetapi ke grafik full city + roast, kemudian untuk manual brew menggunakan grafik 1stcrack finished,” urai Andi.

Baca Juga : Sakha Coffee, Mebuka Jasa Roasting Agar Penikmat Kopi Mendapat Harga Terjangkau

Sementara itu Bagas Hapsoro, Dubes RI untuk Swedia dan Latvia (2016-2020) yang saat ini Membantu Diplomasi Kopi Kementerian Luar Negeri RI yang menjadi peserta fun roasting mengatakan, berbicara kopi ini tidak hanya komoditas. Tapi, lingkungan hidup dan masa depan juga. 

“Dan tanpa kita sadari, bahwa kopi Indonesia adalah kopi terbaik di dunia. Dan yang mencengangkan, Vietnam mengimpor kopi dari Indonesia. Dan Vietnam kemudian mengekspornya kemana-mana,” terang nya.

Terkait fun roasting kopi kali ini, Ia mengatakan kolaborasi antara HAM, Sakha Coffee Roastery dan Cotta Coffee sudah tepat. Dimana mengambil area praktik roasting di tempat yang terbuka. Selain teduh dan asri, tentu sudah sesuai dengan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah.

Baca Juga : Dimasa Pandemi Covid-19, Saatnya Roaster Meningkatkan Keahliannya

Dalam event Fun Roasting ini, Himpunan Anak Media (HAM) pun memperkenalkan brand identity baru yang dapat digunakan untuk kepengurusan selanjutnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *