Rasio Kopi dan Air yang Perlu Kalian Ketahui Saat Menyeduh Kopi

WARTAKOPI.com – Jakarta. Minuman kopi favorit kalian dalam bentuk yang sederhana hanyalah sebuah biji kopi bubuk yang dicampur dengan air. Lalu apa yang menentukan seberapa nikmat kopi yang kalian tiap tegukannya.

Apakah kalian menemukan secangkir minuman kopi yang yang manis, kompleks, seimbang dan penuh aroma, atau hanya mendapatkan rasa asam atau pahit. Rahasia itu terletak pada rasio kopi dan air yang kalian gunakan serta bgaimana kalian mencampur saat membuatnya.

Baca Juga : 6 Pengetahuan Dasar Manual Brew, Cara Membuat Kopi Lebih Baik

Dengan menggunakan rasio air dan kopi yang tepat akan menghasilkan secangkir kopi yang nikmat.

Elemen terakhir tersebut dapat menjadi sangat rumit untuk dipahami, sebab kita harus mengetahui pasti berapa ukuran gilingan kopi, berapa lama saat menyeduh, berapa suhu air, perkakas apa yang digunakan dan lainnya.

Secangkit kopi yang nikmat, tentu saja melibatkan rasio kopi bubuk dan air, karena ini akan mempengaruhi kekuatan minuman, rasa nikmat dan lainnya. 

Artikel berikut ini akan menjelaskan seberapa penting rasio minuman kopi yang tepat untuk menjadikan secangkir kopi nikmat dalam tiap tegukannya.

Mengapa Rasio Itu Penting

Untuk mendapatkan rasio yang tepat, banyak barista, brewers maupun tukang seduh rumahan menggunakan timbangan dan pengatur waktu saat menyeduh.

Rasa kopi akan bervariasi hasilnya karena tergantung resep. Resep membuat kopi itu tak ubahnya seperti membuat kue. Jumlah setiap bahan yang digunakan penting, jika ada penambahan atau pengurangan jumlah air atau kopi mampu mengubah rasa, viskositas dan lainnya.

Itu sebabnya, banyak barista, brewers maupun tukang seduh rumahan seperti kalian selalu menggunakan timbangan dan pengatur waktu saat menyeduh.

Beberapa barista atau brewers sering menggunakan resep seperti “50 gram kopi per liter air untuk beberapa cangkir kopi. Tapi yang lain akan bicara rasio seperti 1:14 ml air untuk setiap gram kopi, atau 1:16 ml air untuk setiap gram kopinya.

Tidak peduli rasio minumannya, kebanyakan barista berusaha untuk tetap konsisten. Artinya, mereka bisa bekerja lebih efektif dan efisien, juga dapat digunakan dimasa mendatang.

Beda Metode, Beda Rasio

Menggunakan filter kopi waktunya lebih lama, kopinya lebih clean dan rasanya lebih light atau ringan bila dibandingkan dengan espresso .

Katakanlah kalian memiliki kopi jenis spesialti yang telah diroasting oleh roaster handal untuk menonjolkan karakteristik terbaik dari kopi tersebut seperti mungkin tercium aroma melati atau rasa apel merah, body yang tebal atau ada rasa manis madu. Lalu bagaimana membuatnya? 

Bagi banyak orang, mereka memiliki preferensi atau cara ideal untuk mencicipi kopi yang kalian buat, misal dengan menggunakan filter mungkin lebih lama, encer dan rasanya clean.

Sebaliknya espresso adalah minuman yang lebih sedikit, body yang tebal, dan unggul dalam menampilkan 2 atau mungkin 3 rasa utama. 

Dengan ini muncul rasio minuman idel yang berbeda, ukuran gilingan kopi, waktu ekstraksi dan banyak lagi faktornya.

Untuk espresso, minuman yang lebih sedikit, bodynya tebal, membuatnya pun sangat singkat tidak lebih dari 1 menit, rasionya adalah 1:1.

Untuk espresso, kalian akan menggunakan ukuran gilingan kopi yang halus dan waktu pembuatan yang relatif singkat antara 25-30 detik, dan airnya sedikit. Mungkin rasionya 1:1

Secara umum, untuk kopi imersi (French Press, AeroPress atau Cupping kopi) kalian memerlukan ukuran gilingan kopi yang kasar dan waktu pembuatannya lebih lama dari espresso.

Untuk metode Vietnam Drip atau Pour Over, ada beberapa variasi dalam ukuran gilingan kopi dan memerlukan waktu ideal saat menyeduh. Dengan metode ini rasio yang disarankan adalah 1:15 atau 1:18. 

Meski demikian, semua ini hanya suatu pedoman awal yang baik untuk mengembangkan resep sendiri di rumah. Tapi jika ingin mengetahui hasil yang terbaik atas jenis kopi tertentu perlu bereksperimen. Sebab beda metode, beda kopi, beda rasionya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *