Sakha Coffee, Mebuka Jasa Roasting Agar Penikmat Kopi Mendapat Harga Terjangkau

WARTAKOPI.com – Jakarta. Mungkin kita pernah mengalami dan menemukan fakta harga secangkir espresso, Americano, cappuccino, kopi susu dan lainya di setiap kedai kopi harga dan rasanya berbeda. Terutama harga.

Ternyata, harga dan rasa itu tergantung beberapa faktor. Sebut saja roasting dan green beans yang digunakan oleh setiap kedai. Untuk roasting pun masih tergantung seberapa piawai seorang roaster memperlakukan green beans yang akan diolahnya. Kedua hal ini akan mempengaruhi rasa kopi yang akan dicecap oleh setiap pelanggannya.

Baca Juga : Warnong Coffee Roasters, Tempat Nongkrong dan Ngopi Semua Kalangan di Timur Jakarta

Kemudian dari sisi harga, tidak selamanya green bean yang bagus dan roaster berkualitas itu menghasilkan harga yang mahal ketika keluar dari mesin kopi roasting. 

Sakha Coffee adalah salah satu jasa roasting kopi yang mampu memformulasikan bagaimana setiap konsumen dapat mencecap secangkir kopi nikmat dengan harga yang terjangkau.

Kopi Nikmat Tidak Harus Mahal

Teuku Andi, Owner Sakha Coffee mengatakan, pondasi bisnisnya dibangun atas filosofi bahwa Kopi Nikmat Tidak Harus Mahal.

Teuku Andi, Owner Sakha Coffee mengatakan, pondasi bisnisnya dibangun atas filosofi bahwa Kopi Nikmat Tidak Harus Mahal. Ketika mendapati harga secangkir terasa mahal mungkin pemilik kedai kopi belum menemukan jasa roaster yang terjangkau dan green beans yang digunakan tidak tersortasi dengan baik.

Di Sakha Coffee, Andi menjamin setiap pemilik kedai akan menemukan kualitas rasa kopi yang bagus dan harga yang terjangkau. Karena, setiap green bean yang didatangkan langsung dari petani kopi dengan tradisi penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Baca Juga : 3 Varian Espresso Ini Dijamin Bikin Melek dan Ketagihan

Dari sisi roasting, Sakha Coffee pun sangat memperhatikan detail profil kopi yang ia roasting. Mesin roasting yang digunakan tidak asal comot, melainkan dengan berbagai pertimbangan yang matang baik secara kualitas maupun dampak bisnisnya bagi pemilik kedai serta penikmat kopi itu sendiri.

Jasa roasting di Jakarta kata Andi, sangat banyak. Meski demikian Sakha Coffee masih sangat optimis. Sebab, kedai kopi di Jakarta pun bertumbuh setiap bulannya. “Dulu, saya selalu mencari roastery dengan harga paling murah dengan kualitas paling baik. Karena ini akan berpengaruh pada margin bisnis yang saya dapat. Dan faktanya ini ada,” kata Andi.

Cuma 20 Ribu Setiap Kg

Baru dua bulan Sakha Coffee membuka jasa roasting dalam sebulan sudah mendapat order sebanyak 500 kg.

Ceruk bisnis di roasting kopi memang cukup menjanjikan, sesui dengan prediksinya. Buktinya, baru dua bulan Sakha Coffee membuka jasa roasting sudah mendapat order sebanyak 500 kg per bulan. Angka yang cukup besar sebagai jasa roasting pemula.

Andi pun mengaku tak mengambil untung terlalu besar dari jasa roasting yang mulai ia perkenalkan ke coffee shop dan home brewing—biasanya mendapat green beans saat jalan ke luar kota. 

Baca Juga : Ini Istimewanya Kopi Limited Edition Master Origins Aged Sumatra dari Nespresso

“Sakha Coffee memang tidak mengambil margin terlalu besar. Hanya Rp20 ribu per kg. Kami pun masih mau menerima roasting dari home brewing yang biasanya cuma membawa 1 kg,” ungkap Andi.

Sakha Coffee, yang hingga sekarang menjadi pemasok kopi bubuk dalam sachet untuk maskapai penerbangan AirAsia kembali menjelaskan, bahwa Sakha Coffee kedepannya akan mentargetkan dapat meroasting 1 ton dalam sebulan. “Target ini sudah termasuk 130 kg per bulan atau setara dengan 10 ribu sachet yang kami suplay ke Air Asia,” harap Andi. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *