Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Membuat Cold Brew

wartakopi.com – Jakarta. Meskipun terlihat sederhana dan gampang dalam membuat kopi cold brew, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Rumus utama dari membuat kopi cold brew adalah merendam kopi cair selama berjam-jam lamanya.

Memang beberapa hal berikut tidak masuk dalam lis cara pembuatan, akan tetapi sangat berpengaruh pada hasil buatan cold brew kalian. 

Baca Juga : 4 Cara Bagaimana Kopi Bekerja Meningkatkan Produktivitas

Sebab jika kalian salah pilih atas beberapa bahan berikut ini akan berdampak pada kualitas rasa dari apa yang kalian buat. 

Tentu kalian tidak mau sia-siakan dari apa yang telah dikerjakan menjadi kurang maksima. Ayo kita simak cara “gibah” penting kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula yang membuat cold brew.

1. Pilih Kopi

untuk membuat kopi cold brew disarankan menggunakan kopi single origin.

ingat, rumus utama membuat cold brew adalah direndam selama berjam-jam. Artinya kalian harus memilih kopi yang tepat baik jenis kopi dan originasinya, grind size, dan sekala roastingan kopinya.

Beberapa literasi menyarankan, untuk membuat kopi cold brew disarankan menggunakan kopi Arabika. Namun bukan berarti jenis Robusta tidak layak. 

Baca Juga : 4 Cara Kreatif Mendaur Ulang Ampas Kopi

Bagi yang suka rasa pahit atau nantinya akan dicampur dengan susu robusta dapat menjadi pilihan. 

Umumnya, para penikmat cold brew selalu merekomendasikan kopi single origin yang digiling dalam sekala medium sehinga lebih terasa ringan atau light, mampu mengeluarkan aroma karakter kopi tersebut.

2. Pilih Kualitas Air

https://www.freepik.com/free-photo/glass-water-macro-shot_3012179.htm#page=1&query=mineral%20water&position=0
Air bagus untuk menyeduh kopi adalah air yang mengandung alkaline dan chlorine.?Photo by_freepik

Jangan anggap remeh dengan kualitas air yang digunakan untuk menyeduh. Meski terkesan sepele ternyata kualitas air memiliki salah satu peranan penting. Karena air mampu mempengaruhi rasa.

Baca Juga : Simak 4 Topik Gibah Menarik Seputar Membeli Kopi

Dalam hal ini, kalaian perlu belajar tentang kandungan alkaline dan chlorine yang ada di setiap gram airnya. Ini penting untuk diperhatikan, air yang bagus adalah yang mengandung alkaline dan chlorine.

Jika kalian kurang hobi membaca, untuk pengunaan air yang aman adalah air mineral. Jika ingin lebih nikmat gunakanlah air yang di saring. 

3. Jangan Seduh dengan Air Panas

Sangat tidak dianjurkan membuat kopi cold brew menyeduh dengan air panas.

Kesalahan yang sering terjadi dilakukan dalam membuat cold brew bagi para pemula yaitu menyeduh kopi dengan air panas lalu menyimpannya ke lemari pendingin.

Para professional kopi menjelaskan inti dari membuat cold brew adalah meminimalisir tingkat keasaman si kopi tersebut.

Baca Juga : Bingung Harus Milih Beli Kopi Bubuk atau Kopi Biji? Ini Solusinya

Untuk itu disarankan menggunakan air dingin saat menyeduh atau menggunkan air dengan suhu yang biasa. Air dingin akan memunculkan sweetnessserta karakter yang lembut dari kopi.

4. Perhatikan Waktu Ideal Ekstraksi Kopi

YouTube by_Hans Risandi

Setelah kopi tercampur dengan air proses selanjutnya adalah ekstraksi. Nah dalam tahapan ini kalian harus cermat dan perhatikan betul waktunya. Jika kalian kategori pelupa, akan lebih baik dicatat kapan mulai didiamkan agar terjadi ekstraksinya maksimal.

Baca Juga : 4 Kedai Kopi di Kemang Harga di Bawah Gocap

Waktu ideal ekstraksi untuk pembuatan kopi cold brew adalah antara 8 – 12 jam. Jika melebihi dari waktu tersebut rasa kopi tidak menjadi maksimal, justru merusak rasa. 

Agar lebih memahami lagi, di YouTube banyak tutorial tentang cara membuat kopi cold brew. Untuk sebagai panduannya perhatikan video di atas. Selamat Mencoba.!!! [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *