Ini Tips dan Trik Bergabung di Komunitas Kopi

wartakopi.com – Jakarta. Memiliki suatu hal yang disukai adalah hal yang menyenangkan. Ketika memiliki hobi, kita memiliki kecenderungan untuk mencari tahu segala sesuatu tentang hal tersebut.

Seperti pula ketika mulai menyukai kopi, kita akan penasaran mengenai sejarah kopi tersebut, apa saja jenisnya, bagaimana cara penyajiannya dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kopi. 

Baca Juga : Ngaku Sebagai Pecinta Kopi, Yuk Gabung Dengan Komunitas Ini !

Bergabung dalam komunitas adalah suatu langkah yang tepat jika ingin berbagi informasi dan hobi yang sama mengenai kopi. Tidak hanya itu dalam komunitas kita dapat juga mengembangkan ide, kreativitas bahkan ikut berkontribusi secara positif terhadap kegiatan-kegiatan tertentu.

Bagi anda yang masih awam dengan kopi dan ingin mengetahui banyak ilmu mengenai kopi, tidak ada salahanya mencoba untuk bergabung dalam salah satu komunitas pecinta kopi di kota anda. Sebelum bergabung yuk kita simak tips dan triknya.

Kenali Beberapa Komunitas

Sebelum memutuskan bergabung dalam satu komunitas kopi tertentu ada baikknya mencari informasi mengenai komunitas tersebut. 

Kapan komunitas itu dibentuk, apa saja visi dan misinya, berapa jumlah anggota nya, siapa sajakah yang tergabung dalam komunitas tersebut dan kegiatan positif apa sajakah yang komunitas ini lakukan sehingga memberikan dampak bagi masyarakat sekitar. 

Baca Juga : Fenomena Kedai Kopi Milenial di Indonesia

Mengali informasi dasar mengenai komunitas tersebut tentu penting, karena agar kita tidak keliru memilih komunitas tempat kita akan bergabung.

Aktif di Media Sosial

Setelah menentukan untuk mengikuti salah satu komunitas kopi , pastikan untuk melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan. 

Sebagai anggota baru ikuti semua media social komunitas tersebut mulai dari facebook, instagram, twitter maupun whatsapp grup. 

Baca Juga : Meskipun ‘ANEH’ Menu Kopi Ini Tetap Disebut Kopi

Perkenalkan dirimu dengan cara yang menarik, agar keberadaanmu dikenali oleh anggota lain rajin – rajinlah memberikan komentar, pertanyaan ringan serta pujian kepada anggota lain. 

Semakin kamu aktif semakin banyak pula anggota lama mulai mengenalmu. Apalagi jika kamu memberikan pendapat dan komentar yang membangun dan positif, tentu kamu akan diterima dengan sangat baik.

Ikut Serta dalam Event Gathering

Setelah mulai aktif melalui media sosial, jangan lupa tetap mengikuti acara pertemuan yang rutin dilakukan oleh komunitas kopi yang kamu pilih. 

Ikutlah aktif dalam berdiskusi , mengemukakan pendapat atau memberikan informasi kepada anggota lainnya. 

Baca Juga : Jejak “Jalur Sutra” Perkebunan Kopi Tersohor di Indonesia

Ketika kamu telah merasa nyaman, berikan ide – ide menarik seputar acara yang akan komunitas buat. 

Libatkan dirimu dalam setiap rencana sehingga akan membuatmu merasa menjadi bagian penting dalam komunitas tersebut.

Utamakan Visi dan Misi

Dalam kegiatan berkomunitas terkadang banyak hal yang menganggu proses berkembangnya komunitas tersebut. 

Baca Juga : 5 Alasan Kopi Layak Disajikan dan Dikonsumsi Setiap Hari

Saat semuannya mulai berjalan melenceng, ingat kembali visi dan misi dari komunitas tersebut. Jangan sampai keberadaan komunitas ini justru merugikan diri sendiri dan masyarakat umum.

Buatlah komunitas ini memberikan efek positif bagi diri sendiri dan orang lain. [*/Alit Sanitha]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *