Ngaku Sebagai Pecinta Kopi, Yuk Gabung Dengan Komunitas Ini !

wartaevent.com – Jakarta. Berbicara mengenai kopi mungkin tidak akan pernah ada habisnya bagi beberapa orang. Kopi yang awalnnya dipandang hanya sebagai komoditas hasil perkebunan, lambat laun dipandang memiliki nilai lebih dari sekedar itu. 

Jika ditelusuri dari lini paling bawah yaitu petani kopi hingga lini paling atas yaitu penikmatnya, setiap lapisan memiliki pandangan yang berbeda mengenai kopi itu sendiri. 

Dari sisi petani, mereka terus berpikir bagaimana cara membuat hasil panen menjadi melimpah dengan kualitas yang baik sehingga dapat meningkatkan pendapatan. 

Namun, setelah kopi sampai dikalangan pengusaha mereka berpikiran bagaimana mampu menjual kopi sampai ke pelosok dunia. 

Dan ketika berada di tangan barista, mereka tak henti mengali potensi dari kopi sehingga mampu meciptakan kreasi minuman baru yang dapat dinikmati banyak orang.  

Begitu banyak pandangan, ide dan pemikiran mengenai kopi membuat beberapa orang berkeinginan untuk membentuk kelompok yang memiliki keresahan serupa dalam sebuah komunitas. 

Berawal dari gagasan 3 sampai 4 orang kemudian beberapa komunitas pecinta dan pemerhati kopi ini terus bertambah jumlah anggotannya dan  berkembang di Indonesia.

Kokopi

Koperasi Komunitas Kopi Indonesia atau KOKOPI meruapakan salah satu wadah penggiat kopi terbesar di Indonesia. 

Komunitas ini menaungi para anggota yang terdiri dari lini bawah hingga atas dalam bisnis ‘kopi’. 

Berawal dari 96 anggota yang berprosfesi mulai dari petani, pedagang, eksportir, barista dan penikmat kopi kini komunitas ini telah disahkan melalui keputusan menteri. 

Komunitas ini memiliki tujuan yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil kopi berkualitas no 1 di dunia. 

Memiliki anggota lebih 100 orang, KOKOPI telah mengelar berbagai event seperti The Indonesia Expo Kopi 2018, Training Barista dan ikut meramaikan beberapa event lainnya.

AEKI

Bagi para eksportir kopi, bergabung dalam AEKI atau Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan bisnis mereka. 

Lewat komunitas ini para anggotannya diberikan informasi terbaru mengenai aturan-aturan terbaru dalam bidang eksportir. 

Selain itu para anggotannya dengan mudah berdiskusi, bertemu dengan sesama anggota dalam lingkup bisnis serupa serta membahas mengenai segala seluk beluk regulasi mengenai perdagangan sehingga mampu membuat bisnis mereka berkembang. 

Bermarkas di Jl. RP. Soeroso No. 20, Menteng, Jakarta Pusat bagi para pelaku usaha kopi dengan memenuhi beberapa syarat dan kententuan yang berlaku dan ikut serta bergabung. 

Komunitas Barista Koffie Lover Yogyakarta
Sumber YouTube: Kopi parti

Dibentuk di tahun 2013, Komunitas Barista Koffie Lover Yogyakarta merupakan komunitas yang mewadahi para roaster, barista, distributor dan juga penikmat kopi. 

Merupakan salah satu komunitas tersolid di Yogyakarta, komunitas ini secara rutin mengadakan event yang mereka namai ‘Kopi Brewbagi’. 

Tak hanya membagikan ratusan kopi gratis, para anggotannya juga memberikan edukasi kepada para pengunjung mulai dari pengetahuan umum mengenai kopi, cara penyajian hingga cara menikmati kopi yang benar.

Barista Indonesia

Dengan tagline dari kopi kita berkawan, komunitas Barista Indonesia membuka peluang sebesar – besarnya bagi para pemula maupun profesional untuk bergabung dalam komunitas ini. 

Berawal dari profesi yang sama, komunitas ini tak hanya memberikan informasi dan pengetahuan seputar ketrampilan dalam meracik kopi namun juga mefasilitasi para anggotanya untuk mengikuti berbagai macam ajang kompetensi bergengsi. 

Salah satunnya Kompetisi Barista Indonesia yang telah diselengarakan sejak tahun 2007, sampai dengan kompetisi sekelas Dunia World Barista Champhionship.

Tak hanya itu, komunitas ini juga menjual berbagai merchandise seperti kaos, topi dan mug yang bertuliskan BARISTA sebagai wujud kebanggan terhadap profesi ini.

Komunitas Ngopi di Kantor

Ada yang berbeda dari Komunitas Ngopi di Kantor ini dibanding dengan komunitas pecinta kopi lainnya. 

Komunitas ini tidak akan pernah dapat anda temui di mall maupun event – event umum lainnya. 

Komunitas yang berangotakan para barista ‘AMATIRAN’ ini hanya membuat event dari kantor  ke kantor tertentu. 

Dengan misi memperkenalkan dan mengalakan kebiasaan minum kopi nusantara di kantor membuat mereka mencetuskan ide sedikit nyeleneh ini. 

Namun, sejak 2 tahun komunitas ini berdiri, setiap bulannya mereka rutin melaksanakan event dari kantor  ke kantor. 

Tak hanya memberikan pengetahuan bahwa menyeruput kopi nusantara lebih baik dari sekedar kopi instan, mereka juga memberikan pelatihan singkat cara penyajian kopi dengan beberapa alat sederhana namun berkualitas layaknya di coffeshop. 

Alat seduh manual seperti kalita, v60, frenchpress dan mokapot adalah beberapa alat andalan yang mereka gunakan untuk menyajikan kopi nikmat khas nusantara. [*/Alit Sanitha]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *