Banyak Pilihan Perkakas Kopi Manual Brew di Rumah, Ini Cara Membuat dan Hasil Profil Kopinya

WARTAKOPI.com – Jakarta. Kalian sedang menari perkakas alat kopi manual brew? Bingung diantara banyak pilihan karena menghasilkan rasa kopi yang berbeda dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda pula?

Beberapa variasi perkakas seduh kopi berikut adalah hal terhebat yang kalian miliki dan kalian mengisyaratkan memasuki gelombang ketiga sebagai penikmat kopi.

Never fear: we’ve summarised the differences between the main brewing devices, along with some handy tips.

Baca Juga : Filter Kopi Ini Berlapis Emas 24 Karat, Apa Istimewanya?

Dengan perkakas berikut, V60, Chemex, French Press dan Mokapot kalian dapat bereksperimen menghasilkan aroma dan citarasa kopi yang berbeda dari perkakas tersebut. 

Kalian tak perlu khawatir untuk bereksperimen dengan perkakas tersebut, karena kami akan memandu bagaimana cara membuat pilihan metode seduh dari perkakas yang kalian pilih.

V60 

Perkakas V60 ini menawarkan konsistensi dan profil rasa kopi yang bersih dan menyenangkan.

Dinamakan V60, karena memiliki kerucut 60″ yang khas. Perkakas V60 merupakan metode manual manual brew pour over yang populer bagi para penikmat kopi seduh.

Perkakas ini menawarkan konsistensi dan profil rasa kopi yang bersih dan menyenangkan. Kalian juga mudah untuk bereksperimen dengan parameter ekstraksi seperti suhu air, ukuran gilingan dan rasio kopi terhadap air.

Baca Juga : Cara Menyeduh Kopi dengan Metode V60

Gunakan ukuran gilingan kopi di sekala medium lalu tuangkan ke server yang telah dilapisi filter kertas, langkah selanjutnya tuangkan air panas dengan suhu 85-90 derajat celcius.

Tuangan air panas pertama ini selama 15 detik, dilanjut ke tuangan yang kedua dan ketiga. Kalian dapat bereksperimen untuk mendapat profil kopi yang light dan bold dengan mengubah ukuran gilingan dari yang medium ke halus.

Kalita Wave 

Kalita Wave memiliki alas yang rata dengan 3 lubang kecil di dalamnya dan ini mempengaruhi aliran air.

Kalita Wave merupakan perkakas kopi pour over yang tidak jauh berbeda dengan V60, cuma memang ada beberapa perbedaan utama di perkakas ini.

Pertama, alasnya rata dengan tiga lubang kecil di dalamnya. Ini mempengaruhi aliran air, memungkinkan menggenang di dasar sebelum menetes ke server.

Baca Juga : Cara Seduh Kopi dengan Vietnam Drip

Dengan demikian, kalian akan menghasilkan secangkir kopi yang lebih konsisten dan light. Cara menyeduhnya sama dengan V60, pun demikian dengan ukuran gilingan kopinya.

Chemex

Chemex menghasilkan profil kopi rata-rata lebih kental.

Secara Chemex adalah show-stopper. Bahkan Chemex mendapat tempat di Museum of Modern Art di New York. Terlebih lagi, Chemex ini tidak seperti perkakas pour over lainnya karena Chemex dapat menyeduh kopi hingga 8 cangkir kopi sekaligus.

Hasil terbaik dari rasa kopi tergantung pada filternya. Chemex menghasilkan profil kopi rata-rata lebih kental, mampu menahan lebih banyak minyak kopi hingga cangkir terakhir.

Namun bentuk V dalam Chemex akan lebih sulit untuk memastikan konsistensi dalam proeses seduhnya.

Baca Juga : Cara Membuat Coffee Cocktail The Mocha Margarita

Dan tidak seperti kebanyakan perkakas pour over, Chemex biasanya bekerja lebih baik pada ukuran gilingan kopi yang medium.

Chemex menghasilkan kopi yang light, menyeduh kopi lebih dari cangkir sekaligus, dan konsistensinya tidak menjadi jaminan dari perkakas yang satu ini.

French Press 

Frech Press sering di[andang receh oleh spesialis penikmat kopi.

Perkakas seduh manual French Press pun sangat terkenal di dunia karena cara pembuatannya yang sederhana. Metode seduh Frech Press sering di[andang receh oleh spesialis penikmat kopi. Namun ada beberapa trik sederhana yang mampu meningkatkan profil rasa.

Yang terpenting, pastikan bahwa setelah ditekan, kalian langsung menuangkan kopinya. Kegagalan untuk melakukan penekanan kopi akan membuat mibuman terkena bubuk, terus gagal diekstraksi secara sempurna.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi dari Alat Seduh French Press

Oleh karena senyawa pahit dalam kopi yang terekstraksi paling terakhir, maka kalian akan mendapatkan profil kopi yang menggugah selera di setiap cangkirnya.

Biasanya, roaster kopi selalu menyarankan ke beberapa orang memberitahukan ukuran gilingan yang lebih baik untuk bereksperimen saat pencelupan.

Moka Pot

Moka Pot merupakan perkakas seduh tradisional yang memampu menghasilkan kopi yang pekat kualitasnya di bawah espresso.

Sama halnya dengan French Press, Moka Pot perkakas manual brew memiliki reputasi yang kurang bagus jika tidak ditangani secara serius. Beberapa penyesuaian sederhana ini dapat meningkatkan kualitas rasa kopi yang kalian buat.

Tempatkan kopi yans sudah di giling halus dalam ruangan, kemudian tambahkan air, selanjutnya letakan Moka Pot di atas kompor. Sederhana kan cara membuatnya?

Moka Pot merupakan perkakas seduh tradisional yang memampu menghasilkan kopi yang pekat dan berwarna ke abu-abu. Agar hal ini tidak terjadi, panaskan air terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara Membuat Irish Coffee

Menggunakan suhu ruangan atau air normal akan membuat bubuk kopi terlalu lama berada di atas permukaan logam yang panas.

Sedangkan untuk kopinya, Moka Pot didesain sebagai perkakas espresso di atas kompor. Namun perlu diketahui, Moka Pot tidak mampu menciptakan tekanan sebaik mesin espresso.

Sedangkan, tekanan ini sangat penting untuk menciptakan suatu minuman espresso dengan rasa yang tebal dan pekat. Meski demikian perkakas ini mendekati espresso. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *