Yuuuks Buat Es Kopi Soda, Ini Caranya

WARTAKOPI.com – Jakarta. Suatu waktu, bertandanglah ke Erge Cafeyang berlokasi di Jl. Taman Aries No.2h, RW.3, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat. Pesenlah minuman bernama Es Kopi Soda.

Kali pertama mendengar menu tersebut, merasa tidak yakin benerkah rasa dan aroma kopi dapat bertahan ketika bertemu dengan soda.

Baca Juga : Ingin Membuat Ice Butterscotch Latte, Minuman Signature dari The Alana Hotel Sentul Ini Caranya

Rasa “nyinyir” tersebut langsung berantakan dengan sendirinya. Kecurigaan awal sudah tidak benar. Justru sebaliknya. Ketika minuman tersaji dan tercecap di lidah terasa dibawa ke padang pasir yang panas kemudian mendadak menjadi adem.

Tidak hanya segar, aroma dan rasa kopi tetap ada. Meskipun itu tidak terlalu tebal. Bagi penikmat kopi strong jelas kurang. Namun, masih dapat diterima oleh para penikmat kopi kekinian.

Es Kopi Soda
Bahan baku membuat Es Kopi Soda.

Kopi robusta dari Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah yang di roasting medium to dark terasa kurang strong ketika dijadikan one shoot espresso sebagai basic minuman Es Kopi Soda. 

Baca Juga : Cara Membuat Algelato Coffee, Minuman Signature DC2 Kopi

Bagi penikmat kopi strong, mungkin yang perlu ditambah lagi adalah sedikit gramasinya  dari ukuran semula yang dari 14 gram menjadi 16 gram, agar after taste lebih terasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *