Begini Peta dan Potensi Ekspor Kopi Indonesia ke Amerika Serikat

WARTAKOPI.com – Jakarta. Menjelang akhir pekan ini, pada (05/08/2021) Tim Percepatan dan Pemulihan Ekonomi (TPPE) Kemlu RI mendapat masukan berharga tentang gairah ekspor kopi dari lima Konjen RI di Amerika Serikat (AS).

Dalam brainstorming yang dipimpin Dubes Prayono Atiyanto rapat mendengarkan laporan perkembangan dari semua Konjen RI di AS. Hadir juga dalam rapat Atase Perdagangan dan Atase Pertanian KBRI Washington DC, Kepala ITPC di Chicago, pengusaha kopi nasional, TPPE dan Dubes Bagas Hapsoro.

Ada dua catatan penting dalam brainstorming tersebut, pertama, potensi pasar untuk kopi Indonesia di wilayah kerja masing-masing Konjen, Kedua, rencana launching ekspor kopi Indonesia bulan Oktober 2021 mendatang. 

Baca Juga : Ini Hasil Konkrit dari Pengelolaan Produk Kopi Spesialti Indonesia ke Luar Negeri

Konjen Simon D. Sukarno dalam pertemuan tersebut menyatakan, Pantai Barat AS (San Fransisco, Seattle, Portland) adalah wilayah berkembangnya budaya kopi di AS. “Wilayah ini sangat penting bagi masuknya kopi-kopi dari Indonesia”, kata Simon.

Tercatat beberapa perusahaan diaspora yang memiliki branding terkenal dan berhasil mendatangkan kopi ke AS secara kredibel, yaitu: Beaneka Coffee, Putri Coffeedan Belift Coffee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *