Calon Diplomat Indonesia Dibekali Pemahaman Kopi

WARTAKOPI.com – Jakarta. Kopi menjadi salah satu kekuatan ekonomi Indonesia dan ini merupakan pilar penting dalam diplomasi. Untuk itu mutlak dipahami secara mendalam berikut praktek peracikan, penyeduhan dan penyajiannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Lintang P Wibawa, Direktur Sekolah Dinas Luar Negeri (Sekdilu) dalam acara bertema ”Pengenalan Kopi Nusantara” pada hari Senin (09/10/2021) di Jakarta.

Baca Juga : Cara Mudah PDKT dengan Scorpio, Ajak ke Kedai Kopi Bernuansa Jepang

Kegiatan ini menandai awal pendidikan tentang kopi bagi para calon diplomat RI. Program perdana yang diikuti 62 peserta dari Pusdiklat Kemlu ini dikemas sedemikian rupa sehingga dalam satu hari dapat diperoleh pengetahuan secara teoritis dan praktek langsung di beberapa Cafe di luar Pusdiklat.

”Protokol kesehatan kami lakukan dengan test PCR dan antigen baik kepada para peserta maupun kepada para pengamat dan pemberi feedback atas materi presentasi”, kata Eko Junor salah satu pejabat Pusdiklat yang ikut merancang program pengenalan kopi tersebut.  

Pentingnya Referensi yang Kuat Mengenai Kopi

Pada sesi pertama, para peserta yang sudah terbagi ke dalam 6 kelompok masing-masing menyampaikan 6 presentasitentang: seluk beluk kopi Nusantara, indikasi geografis, kopi spesialti, perananpara pemangku kepentingan spesialti kopi, sejarah dan latar belakang kopi di Indonesia, produksi kopi dari A sampai Z, serta perdagangan kopi dunia. 

Dalam program pengenalan kopi tersebut beberapa duta besar telah diundang sebagai penanggap dan melakukan sharing informasi kepada para peserta Sekdilu. Dubes/Diplomat Ahli Utama Prayono Atiyanto, Dubes Djumantoro Purbo dan Dubes Bagas Hapsoro telah memberikan tanggapan dan feedback kepada para siswa Sekdilu Angkatan 42 tersebut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *