Kopi Spesialti Menjadi Salah Satu Prioritas Diplomasi Ekonomi Indonesia

WARTAKOPI.com – Bali. Kementerian Luar Negeri RI pada tanggal 21 dan 22 Juni 2022 telah menyelenggarakan webinar bertajuk “Jaring Masukan”, yaitu mensinerjikan diplomasi kopi Indonesia dalam kerangka peningkatan komoditas kopi berkelanjutan dan berdaya saing. 

Kegiatan ini didasarkan oleh semakin ketatnya persaingan kopi dan persyaratannya untuk masuk ke pasar global, termasuk persyaratan sertifikasi berkelanjutan.

Baca Juga :  Ini Pentingnya Tracebility bagi Produk Kopi Ekspor Indonesia

Pada saat yang sama, Indonesia masih berupaya untuk meningkatkan daya saing kopi Indonesia di pasar global dengan memberikan nilai tambah ekonomi komoditas kopi Indonesia melalui instrumen perlindungan Kekayaan Intelektual, dalam hal ini Indikasi Geografis (IG). 

Saat menjadi pembicara kunci, Dirjen Kerja Sama Multilateral, Dubes Tri Tharyat menyatakan, pentingnya strategi dan arah kebijakan yang tepat, serta sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait dalam pengembangan sektor kopi. 

Baca Juga : Perang Rusia – Ukraina, Ini Dampak Ekspor Kopi Global dan Langkah Antisipatif Pelaku Bisnis Nasional

Langkah yang dapat dilakukan mencakup 4 hal, pertaman, pemanfaatan keanggotaan Indonesia di berbagai organisasi internasional terkait pengembangan ekspor kopi. Kedua, peningkatan kemitraan antara industri, eksportir dan petani. 

Ketiga, peningkatan citra kopi Indonesia. Keempat, peningkatan sinergi market intelligence antara perwakilan RI di luar negeri dengan pemangku kepentingan terkait.

Leave a Reply