Mengulik Mesin Kopi Buatan Maestro Coffee Roaster

wartakopi.com – Bekasi. Ketika diperkenalkan dalam event Bekasi Coffee Week belum lama ini di Summarecon Mall Bekasi, Maestro Coffee Roaster mesin kopi sangrai dalam negeri ini digadang-gadang sebagai produk lokal dengan kualitas setara mesin luar negeri.

Fauzan dari Boni Coffe Kemang dan Pico Roastery Cipete dalam event tersebut mendapat kesempatan untuk mengulik mesin kopi yang dibuat di Grand Galaxy, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Menurut Fauzan, sekarang semua tukang las dapat membuat mesin kopi roasting. Tapi untuk membuat mesin roasting yang sesuai kebutuhan pelaku industrinya sangat sedikit. Apalagi yang berkualitas.

Kalau mesin kopi dalam negeri ini sebenarnya sangat banyak sekali. Cuma terkesan kayakasal buat. Padahal kalau dikelola dan dibranding secara serius dapat menjadi peluang untuk bersaing dengan produk luar.

“Jjika mengacu dengan banyaknya mesin kopi roasting di pasaran, Maestro sangat value for money. Artinya, dengan barang yang dikasih, kualitas drum, kualitas burner, kualitas after sales-nya, sudah sepadan dengan harga yang ditawarkan,” ungkap Fauzan.

Kelemahan dan Kelebihan Mesin 

Maestro Coffee Roaster Sangat Value for Money dan FIturnya Banyak.

Kalau berbicara komparasi, kata Fauzan, produk Indonesia seperti mesin Maestro Coffee Roaster ini masih mampu bersaing dengan brand luar.

“Kalau produk dari luar itu sebenarnya menang secara pengakuan saja. Secara secara kebersihan, kerapihan dan teknikal mereka lebih bagus. Tapi perlu dicatat juga, banyak mesin kopi dari Indonesia yang dipakai di luar negeri,” tegasnya. 

Mesin Maestro Coffee Roaster ini memiliki keunggulan dimana drumnya tebal. Jadi dapat mengatur drumnya, panel lainnya juga banyak yang daiatur, seperti burner, air flow, drum speed, fiturnya banyak, after sales-nya juga bagus dan mudah diakses.

Meski demikian, Maestro Coffee Roaster pun masih punya kelemahannya. Oleh karena produk baru, para roaster banyak waktu untuk mengulik. Kemudian dari sisi Power masih agak over.

Dari sisi software dan teknik grafisnya masih belum sempurna dan ini harus dibenahi. “Meski demikian, langkah menampilkan Maestro menyediakan software grafik ke laptop itu sudah luar biasa. Sebab sangat membantu si roaster,” tutup Fauzan.  [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *