Menparekraf Sandiaga Uno Ajak Seluruh Pelaku Industtri Kopi Saling Berkolaborasi

Secara ekonomi, kopi menjadi salah satu primadona ekspor dimasa pandemi Covid-19. Secara sosial menyerap 96,8% berasal dari perkebunan rakyat. Terakhir adalah budaya. ”Kopi tubruk itu sudah mulai dikenal di luar negeri. Dengan demikian aspek narasi tentang kopi Indonesia harus utuh,” ujar Bagas. 

Agro Wisata dan Coffe Tourism Kesatuan Konsep Utuh

Sementara itu , Tio Handoko, Dir. PT. Perkebunan Nusantara IX (Banaran Coffee) mengungkapkan, bahwa wisata agro dan coffee tourism tidak boleh dilepaskan. Hal yang konkrit dan mudah dilakukan adalah adanya acara coffee walk, adventures dan tantangan untuk lintas alam. 

Baca Juga : 3 Daerah Penghasil Kopi Ini Menembus Pangsa Pasar Jerman

Dalam diskusi setidaknya telah tercapai kesepakatan diantara pembahas bahwa perlunya perkenalan wisata kopi serta industri kopi tanah air kepada masyarakat luas dan juga mancanegara. 

Wisata agro dan coffee tourism tidak boleh dilepaskan. Hal yang konkrit dan mudah dilakukan adalah adanya acara coffee walk, adventures dan tantangan untuk lintas alam.

Kesepakatan lainnya adalah pentingnya dikembangkan pertanian kopi khususnya tanaman kopi, mulai dari penelitian tanaman hingga proses pasca panen. Yang tidak kalah pentingnya adalah memperkenalkan potensi wisata tanah air yang memiliki beragam lokasi geografis sehingga Indonesia memiliki perkebunan kopi Robusta hingga Arabika.

Baca Juga : Harga Kopi Dunia Dipengaruhi Beberapa Hal Berikut Ini

Ketut Putrayasa, Ketua ASKI menyatakan bahwa tujuan Webinar adalah untuk memperkenalkan wisata kopi serta industri kopi tanah air kepada masyarakat luas dan juga mancanegara. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *