Roemah Indonesia BV Bersama BUMN Membangun Story Telling Kopi Indonesia di Amsterdam, Belanda

WARTAKOPI.com – Jakarta. Roemah Indonesia BV didukung oleh PMO Kopi Nusantara akan menyelenggarakan Pasar Kopi pada 1-7 September 2022 di Posthoornkerk, Amsterdam dengan tema ‘Indonesian Coffee Market; Coffee Revolution.’

Para pengunjung pameran yang datang akan diajak mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan pameran sejarah produksi kopi, serta berbagai jenis kopi dan produk turunannya, sambil juga mencoba beragam kopi asli hasil perkebunan Indonesia. 

Baca Juga : Digra Coffee : Menjamu Komunitas Kreatif dengan Menu Kopi Pilihan

Suryo Tutuko, CEO Roemah Indonesia BV mengatakan, pelaksanaan Pasar Kopi di Amsterdam diharapkan dapat mempertemukan konsumen mancanegara, khususnya Uni Eropa, dalam menikmati ragam kopi dari Indonesia. 

Pameran Pasar Kopi ini bisa menjadi titik kontak yang ideal bagi para petani dan pelaku usaha kopi Indonesia untuk berkiprah di Eropa. “Kami juga berharap terjadinya business expansion yang lebih luas, sehingga Indonesia dapat menjadi eksportir utama produk kopi olahan untuk pasar dunia,” jelasnya.

Dalam 10 tahun terakhir, industri kopi Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan yaitu sebesar 250%. Indonesia menempati urutan ke-4 dalam jumlah kopi yang dihasilkan, serta menjadi penghasil devisa terbesar ket-3 setelah kelapa sawit dan karet. 

Baca Juga : Kopi Spesialti Menjadi Salah Satu Prioritas Diplomasi Ekonomi Indonesia

Reynaldi Istanto, Tenaga Ahli Menteri BUMN Bidang Global Value Chains menjelaskan, Uni Eropa tercatat sebagai konsumen kopi dunia terbesar, mencapai 2,4 juta ton per tahun atau 24% dari total konsumsi kopi dunia. 

“Pameran Pasar Kopi di Amsterdam ini menjadi langkah tepat untuk meningkatkan partisipasi Indonesia dalam pasar internasional sebagai global leader. Harapannya ada multiplier effectter hadap kesejahteraan petani kopi karena meningkatnya produktivitas dan kualitas kopi Indonesia,” katanya.

Baca Juga : Ini Pentingnya Tracebility bagi Produk Kopi Ekspor Indonesia

Sementara itu Dwi Sutoro, Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara, yang ditunjuk oleh Menteri BUMN sebagai Ketua PMO Kopi Nusantara memaparkan, Pasar Kopi di Amsterdam ini sejalan dengan misi PMO Kopi Nusantara yaitu memperbaiki ekosistem supply chain industri kopi dalam negeri. 

“Kami akan membawa kopi-kopi terbaik Indonesia dari lokasi pilot project kami, diantaranya adalah Kopi Ijen dari Jawa Timur yang memiliki nilai historis dan indikasi geografis yang akan menarik perhatian konsumen global,” pungkasnya.

Baca Juga : Perang Rusia – Ukraina, Ini Dampak Ekspor Kopi Global dan Langkah Antisipatif Pelaku Bisnis Nasional

Penyelenggaraan Pasar Kopi Indonesia ini didukung oleh beberapa BUMN, bekerja sama dengan Specialty Coffee Association of Indonesia, Sustainable Coffee Platform (SCOPI), InterAromat Connecting Market, Nusa Indonesia Gastronomy, Koperasi Klasik Beans, Dua Coffee, Kopi Tuku, Adena Coffee, Beragam and Historia. [*]

Leave a Reply