Ini Peluang Ekspor Kopi Spesialti Indonesia ke Swedia

WARTAKOPI.com – Jakarta. Pada hari Minggu, (30/01/2022) Diskusi tentang peluang besar memasuki pasar Swedia telah berlangsung pada akhir pekan yang lalu antara pengusaha RI yang dikoordinasikan oleh Kementerian Luar Negeri RI dengan KBRI Stockholm. 

Pertemuan virtual berlangsung sangat intensif, mendalam dan semua peserta siap untuk mempelajari lebih mendalam serta menindaklanjuti. 

”Keuntungan bisnis kopi Swedia  pada tahun 2022 diproyeksikan mencapai USD 8.244 juta,” kata Dubes RI untuk Swedia dan Latvia, Kamapradipta Isnomo didepan para pengusaha dan penggiat kopi Indonesia. 

Baca Juga : Menuju Ekosistem Kopi Indonesia yang Berkelanjutan

Lebih lanjut disampaikan bahwa proyeksi total keuntungan dari roasted coffee pada tahun 2022, yaitu USD 8.016 juta. ”Kopi Indonesia memiliki peluang masuk karena nilai ekspor perdagangan secara keseluruhan juga naik siginifikan daripada tahun-tahun sebelumnya,” lanjut Kamapradipta. 

Mengawali diskusi kopi RI-Swedia, Dubes Djumantoro Purbo menyatakan bahwa potensi Swedia perlu dimanfaatkan dengan maksimal oleh pelaku industri kopi di Indonesia. 

Baca Juga : Bincang Akhir Tahun Tentang Diplomasi Kopi Indonesia

”Kami akan mendengarkan dan sangat menghargai kesiapan dan penyampaian gambaran yang lengkap mengenai strategi untuk mengakses pasar Swedia, termasuk karakteristik potensi pasar dan selera konsumen di Swedia”, kata Djumantoro Purbo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *