Mesir Dapat Menjadi Pintu Masuk Penetrasi Kopi Indonesia, Ini Caranya

Ekspor Kopi Meningkat

Menurut keterangan WHO, Mesir saat ini telah mengalami 4 kali gelombang serangan Covid-19. Meski demikian permintaan kopi Indonesia di Mesir masih tinggi.

Total ekspor produk kopi indonesia ke Mesir pada tahun 2020 ke Mesir sebesar USD55,042 juta atau senilai Rp785 miliar. Pada periode Januari hinggaMei 2021ekspor tersebut meningkat sebesar 38,68% dibandingkan denganperiode sama tahun lalu. 

Baca Juga : Meneguk Kejayaan Pangsa Pasar Kopi di Mesir, Indonesia Perlu Perkuat Kembali Rantai Pasokan Ekspor

Irman Adi Purwanto Moefthi,Atase Perdagangan Kairo menambahkan, harga pasaran kopi robusta lndonesia ke pasar Mesir pada April 2020 per ton untuk jenis kopi robusta grade I seharga antara 2.215 sampai 2.300 Dolar AS.

Lalu untuk robusta grade ll berkisar 2.065 sampai 2.100 Dolar AS. Berikutnya grade lll defect 45 diharga 1.730 sampai 1.800 Dolar AS.“Sampai sekarang, ekspor kopi robusta masih berjalan walaupun restoran, hotel, dan kedai kopi di Mesir harus tutup karena Covid-19,” tambahnya.

Baca Juga : Ini Hasil Konkrit dari Pengelolaan Produk Kopi Spesialti Indonesia ke Luar Negeri

I Ketut Putrayasa,Ketua Asosiasi Kopi Indonesia (ASKI) menyambut baik cerita sukses kopi Indonesia di Mesir. Potensi pasar di Mesir masih sangat besar sekali termasuk kopi. 

Pangsa Indonesia terlihat masih bisa ditingkatkan. Oleh karena itu Ketut Putrayasa mengharapkan ASKI dapat ikut serta dalam berbagai promosi kopi di Timur Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *